Rumah pohon di sekitar pintu air di Umbul Cokro Tulung. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS) Rumah pohon di sekitar pintu air di Umbul Cokro Tulung. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)
Rabu, 13 September 2017 00:00 WIB Mariyana Ricky P.D/JIBI/Solopos Travel Share :

WISATA SOLORAYA
Umbul Cokro Tulung Klaten, Rasakan Air Bening Sejernih Kaca

Wisata air Cokro Tulung jadi alternatif piknik saat musim kemarau

Solopos.com, KLATEN— Suasana terik yang melanda Soloraya bisa jadi alasan untuk mencari objek wisata air. Salah satunya menikmati sajian sumber mata air alami di Kota Bersinar Klaten.

Adalah Umbul Cokro Tulung, legenda wisata air populer yang terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung. Umbul ini awalnya bernama Umbul Ingas lantaran sumber airnya berasal dari rerimbunan pohon Ingas.

Dibangun pada abad ke-IX era pemerintahan Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Paku Buwono (PB) IX, umbul ini usianya sudah sangat tua.

Berada di bawah rerindangan pohon, Umbul Cokro Tulung menawarkan pesona kolam pemandian alami. Pengunjung bisa berenang di kolam saluran irigasi kecil memanjang yang membentuk busur setengah lingkaran.

Aliran air sedalam 80 sentimeter itu jernih sebening kaca dengan dasar kolam berupa bebatuan dan pasir. Solopos.com singgah sejenak ke umbul ini, Senin (4/9/2017). Hawa sejuk langsung terasa saat memasuki lingkungan umbul.

Angin yang berembus di antara dedaunan membuat cuaca terik siang itu tak terasa. Beberapa orang tampak asyik menikmati dinginnya air kolam. Sesekali mereka terlihat menyelam dan menyembul menikmati alirannya.

Bagi anak-anak, Umbul Cokro Tulung juga memanjakan mereka dengan deretan wahana bermain. Di antaranya water sliding, gazebo, taman air, dan kolam bermain.

Penjaja Makanan

Fasilitas lainnya adalah berderet penjaja makanan yang siap mengisi perut selepas beraktivitas. Mereka juga menawarkan sewa tikar untuk sekadar duduk dan berbincang.

Masih kurang? Jangan lewatkan untuk turun ke Kali Pusur yang lokasinya persis di samping Umbul Cokro Tulung. Sungai inilah yang jembatannya dilintasi sesaat setelah pintu masuk.

Pintu air bertingkat di titik ini menjadi sensasi baru nan menyenangkan. Bak air terjun mini, suara gemericik air yang menghantam bebatuan terasa menyegarkan.

Bagi pengunjung yang berniat singgah, Umbul Cokro Tulung berjarak 30 menit berkendara dari Kota Solo. Dari mana saja arahkan kendaraan menuju jalan Delanggu-Jatinom. Ikuti terus ruas jalan itu sampai menjumpai pertigaan arah Polanharjo dan terus ikuti rambu arah menuju Umbul Cokro/Ingas.

Untuk Google Map, nama tempatnya adalah Waterboom Cokro. Karena apabila, pembaca mengetik Umbul Cokro, maka akan diarahkan ke Umbul Ponggok. Umbul Cokro buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB–17.00 WIB, dengan tiket masuk senilai Rp10.500 per orang. Bagi yang ingin berfoto underwater, disarankan untuk datang saat pagi hari atau menjelang senja.

PERSONALIA, ADMIN, QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…