News
Rabu, 13 September 2017 - 07:00 WIB

TRANSPORTASI UDARA : Layani Jemaah Umrah, Lion Air Terbangi Solo-Jeddah Mulai 18 November

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat-pesawat Lion Air (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Maskapai penerbangan Lion Air membuka rute Solo-Jeddah mulai 18 November 2017.

Solopos.com, SOLOLion Air berencana mengoperasikan rute Solo-Jeddah mulai 18 November bersamaan dengan delapan kota lainnya di Indonesia. Pembukaan rute Solo-Jeddah itu untuk memberi kemudahan dan pilihan bagi calon jemaah umrah.

Advertisement

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, menyampaikan rekomendasi pembukaan rute baru sudah diberikan tapi saat ini masih menunggu dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Meski begitu, dia optimistis pembukaan rute itu akan disetujui apalagi izin dilakukan bersamaan dengan delapan kota lainnya.

“Lion Air dijadwalkan terbang sepekan sekali pada Selasa, take off pukul 14.00 WIB dari Solo dengan rute Solo-Kolombo (Sri Lanka)-Jeddah. Direct flight ini menggunakan pesawat terbaru milik Lion Air, Boeing 737 Max 8, dan dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air setiap Selasa pukul 16.35 WIB,” ungkap Usman saat dihubungi Solopos.com, Selasa (12/9/2017).

Menurut dia, Lion Air sudah lama berminat menerbangi Solo-Jeddah tapi karena Garuda Indonesia sudah buka lebih dulu dan belum lama sehingga pengajuan rute ini ditangguhkan. Namun, pasar sudah tumbuh dengan baik sehingga pengajuan rute baru pun disetujui.

Advertisement

Calon jemaah umrah dari Jogja dan Semarang sudah mulai melirik Solo. “Pembukaan rute Solo-Jeddah ini harapannya mempermudah masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah. Pekan lalu kami sudah menghubungi Ketua Perpuhi [Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah Haji Indonesia] Her Suprabu dan sudah sounding paket umrah sembilan hari dengan Lion Air,” ujar Area Manager Lion Air Jateng-DIY, Widi Wiyanti, Selasa.

Biro perjalanan umrah digandeng untuk meramaikan rute tersebut dan diharapkan penerbangan ini bisa reguler serta ada penambahan jadwal. Ketua Perpuhi, Her Suprabu, menyambut baik rencana pembukaan rute tersebut karena akan muncul persaingan sehat yang menguntungkan calon jemaah karena jadi ada banyak pilihan.

Apalagi, lanjut Her Suprabu, Pakistan International Airline (PIA) juga tertarik membuka rute umrah pertama di Indonesia, yakni Solo-Madinah. “Dengan semakin banyaknya rute umrah yang dibuka, Solo bisa menjadi city of umrah. Apalagi potensinya besar, dari potensi 40.000 calon jemaah, Perpuhi memberangkatkan sekitar 9.000 orang-10.000 orang dan sekitar 60%-70% masih berangkat dari Jakarta dan Surabaya. Harapannya dengan semakin banyak pilihan, makin banyak yang tertarik umrah lewat Solo,” ujarnya.

Advertisement

Direktur Dewangga Lil Hajj Wal Umrah ini mengatakan harga yang ditawarkan Lion Air cukup menarik, yakni mulai dari Rp11,750 juta. Dia mengaku sudah menginformasikan paket umrah yang ditawarkan Lion Air dan beberapa di antaranya sudah ada yang menawarkan paket ini dengan harga Rp18,9 juta-19 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif