Teknologi
Rabu, 13 September 2017 - 13:10 WIB

Supercanggih, Ini Spesifikasi, Fitur-Fitur, dan Perkiraan Harga Iphone X

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Phil Schiller memperkenalkan Iphone X. (JIBI/Reuters/Stephen Lam)

Apple menyebut Iphone X didesain futuristik dengan berbagai fitur canggih yang tak lazim di smartphone-smartphone edisi sebelumnya.

Solopos.com, CUPERTINO – Apple akhirnya merilis flagship terbarunya Iphone 8, Iphone 8 Plus, dan Iphone X di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, Selasa (12/9/2017) waktu setempat. Iphone X menjadi yang paling banyak menarik perhatian.

Advertisement

“Iphone mengubah segalanya. Sepuluh tahun kemudian, kita di sini, di tempat ini, menetapkan peta jalan teknologi untuk dekade selanjutnya,” ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam siaran langsung sebagaimana dikutip Mashable.

Desain dari model X ini mengusung tampilan tanpa bingkai (bezel-less) seperti yang dirumorkan belakangan ini. Iphone X nihil tombol fisik di bagian depan yang digantikan oleh teknolog pemindai wajah, Face ID.

Advertisement

Desain dari model X ini mengusung tampilan tanpa bingkai (bezel-less) seperti yang dirumorkan belakangan ini. Iphone X nihil tombol fisik di bagian depan yang digantikan oleh teknolog pemindai wajah, Face ID.

Komponennya dilengkapi dengan CPU hexa-core A11, RAM 3 GB dan ruang internal 256 GB. Tampilan layarnya memiliki luas 5,8 inci dan merupakan yang terbesar di antara Iphone 8 dan 8 Plus. Selain itu, layar yang dipakai juga berbeda dari dua model tersebut. Seperti yang dirumorkan, Iphone X ini telah dibekali layar OLED.

“Kami semua kurang tidur karena perangkat ini,” kata Senior Vice President Worldwide Marketing Apple Philip W. Schiller, membuka presentasinya untuk iPhone X.

Advertisement

Hilangnya tombol home button menghadirkan pengalaman baru. Pengguna hanya tinggal mengetuk layar satu kali untuk membangunkan iPhone X, dan mengusap bagian bawah layar ke atas untuk menuju menu.

Demikian pula saat menjalankan aplikasi dan ingin kembali ke menu awal, dapat mengusap layar dari bawah ke atas.

“Untuk membuka kunci, dulu menggunakan slide unlocked, di Iphone 5s ada Touch ID dengan pemindai sidik jari, di Iphone X Anda hanya tinggal menatapnya,” ujar Philip.

Advertisement

Iphone X dilengkapi teknologi FaceID yang dapat memindai wajah. Teknologi tersebut secara matematis mengenali wajah meski dalam gelap.

Tidak hanya itu, dengan dukungan chipset A11 Bionic Neural Engine, FaceID mampu mengenali wajah meski pengguna berganti model rambut, memakai riasan wajah, mengenakan topi, syal atau pun kacamata.

Apple juga telah bekerja sama dengan seniman topeng dan make up Hollywood untuk menguji coba apakah FaceID aman dari penipuan. Hasilnya, kemungkinan FaceID dapat dibobol adalah 1 banding 1.000.000. Karena keamanannya, Apple memanfaatkan FaceID untuk identifikasi Apple Pay.

Advertisement

Dari segi software, Apple menghadirkan cara baru untuk berkomunikasi lewat emoji. “Emoji biasanya digunakan untuk mengekspresikan perasaan kepada orang lain. Kini, kami memiliki Animoji,” kata Philip.

Lewat iMessage, pengguna dapat bertukar emoji yang dapat disinkronkan dengan ekspresi pengguna. Lebih dari itu, Animoji, yang merupakan singkatan dari animated emoji, dapat merekam pesan.

Untuk kamera, Iphone X dibekali kamera ganda 12MP, seperti halnya Iphone 8. Bedanya, letak kamera ganda pada iPhone X dibuat secara vertikal, dan dilengkapi dual Optical Image Stabilization.

Layaknya Iphone 8, kamera iPhone X juga mendukung teknologi Augmented Reality. Selain itu, perangkat tersebut juga mengusung fitur wireless charging.

Iphone X hadir dalam dua varian 64GB dan 256GB yang ditawarkan dengan harga mulai dari 999 dolar AS (sekitar Rp13,1 juta). Pre-order untuk Iphone X dimulai 27 Oktober, dan tersedia pada 3 November.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif