News
Rabu, 13 September 2017 - 11:00 WIB

RI Kirim 20 Ton Beras dan Tenda Darurat untuk Rohingya di Bangladesh

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sukarelawan berdiri di dekat bantuan beras untuk warga Rohingya di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (13/9/2017). (JIBI/Solopos/Reuters/Beawiharta)

Bantuan dari Pemerintah RI untuk warga Rohingya dikirimkan ke Bangladesh.

Solopos.com, JAKARTA – Bantuan bahan pangan dan logistik dari Pemerintah Republik Indonesia untuk warga Rohingya yang mengungsi di Bangladesh mulai dikirimkan Rabu (13/9/2017). Bantuan diangkut menggunakan empat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara.

Advertisement

“Di kloter pertama itu ada 20 ton. Itu beras saja, belum termasuk gula dan pangan lain,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melepas bantuan kemanusiaan RI untuk Rohingya, di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

Retno menambahkan bantuan pangan dan logistik akan bertambah mengingat banyaknya pihak yang ingin memberikan sumbangan bagi pengungsi Rohingya. Menurut dia, bantuan yang pertama dikirim seluruhnya berasal dari pemerintah, meliputi bahan pangan, logistik serta tenda darurat dan tanki air darurat.

“Dalam hal kemanusiaan, pemerintah selalu bersinergi dengan banyak pihak karena banyak yang menyampaikan ingin berkontribusi baik dari pemda, swasta dan organisasi kemanusiaan serta banyak pihak lain,” jelas Retno.

Advertisement

Presiden Joko Widodo telah melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan sorti pertama di Lanud Halim Perdanakusuma.

Di Lanud Halim, anggota Paskhas TNI Angkatan Udara sibuk menaikkan barang-barang bantuan ke pesawat Hercules bernomor registrasi A1316, A1335, A1319 dan A1326.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan akan ada beberapa unit Hercules lain yang setiap hari mengangkut bantuan kemanusiaan dari Jakarta ke Banda Aceh, yang dijadikan pos transit untuk pengiriman bantuan bagi Rohingya di Bangladesh.

Advertisement

Pesawat-pesawat pembawa bantuan untuk Rohingya akan singgah di Banda Aceh sebelum menuju Bandara Citagong di Bangladesh.

Kota Citagong merupakan kota terdekat dari Kota Cox’s Bazar, tempat mengungsi warga etnis Rohingya dari Rakhine State Myanmar yang menyelamatkan diri dari kejahatan di tempat tinggal mereka. Citagong berada sekitar 170 kilometer dari Cox’s Bazar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif