Timnas Indonesia U-19 (PSSI.org)
Selasa, 12 September 2017 19:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

PIALA AFF U-18
Duduk di Posisi Ketiga, Begini Peluang Lolos Indonesia

Piala AFF U-18 menyajikan Indonesia yang berjuang lolos ke babak semifinal.

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia U-19 merosot ke posisi ketiga klasemen grup B Piala AFF U-18 setelah dikalahkan Vietnam, Senin (11/9/2017). Indonesia tetap berpeluang lolos meski cukup berat.

Seperti diketahui, Indonesia menyerah dari Vietnam dengan skor telak 0-3. Kekalahan itu pun membuat Indonesia turun ke posisi ketiga di bawah Vietnam dan Myanmar. Indonesia punya nilai sama dengan Myanmar di posisi kedua yakni enam poin, namun kalah selisih gol. Sementara Vietnam di posisi pertama dengan sembilan poin.

Dengan hanya dua tim yang lolos ke semifinal dan menyisakan satu laga di grup B, bagaimana peluang Indonesia?

Tim polesan Indra Sjafri itu tinggal menyisakan laga melawan Brunei Darussalam pada Rabu (13/9/2017) sore WIB. Sementara Myanmar dan Vietnam akan saling jegal malam harinya.

Selain poin, selisih gol juga menjadi pertimbangan jika dua tim punya nilai sama. Nah, dalam hal inilah Indonesia kalah jauh sehingga harus merelakan posisi kedua ke Myanmar. Indonesia saat ini punya selisih gol +7 dengan rincian memasukkan 11 gol dan kemasukan empat gol.

Sementara Myanmar punya margin gol +13 setelah mencetak 15 gol dan kemasukkan dua gol. Vietnam lebih oke lagi dengan selisih gol mencapai +15. Artinya, Indonesia cukup berat jika mengandalkan lolos dengan selisih gol.

Oleh karena itu, Egy Maulana Vikri dkk dituntut menang melawan Brunei, sembari Myanmar gagal mendapatkan poin penuh saat menghadapi Vietnam. Begini rinciannya skenario Timnas U-19 bisa lolos semifinal Piala AFF U-19.

– Indonesia lolos ke semifinal jika pada laga mampu Brunei Darussalam berapapun skornya, sementara Myanmar kalah atau hanya bermain imbang saat melawan Vietnam. Jika itu terjadi, maka Indonesia lolos sebagai runner-up grup dan Vietnam menjadi juara grup.

– Jika Myanmar menang melawan Vietnam, mau tak mau Indonesia harus menang besar melawan Brunei. Hal itu dilakukan untuk mengejar selisih gol dengan Myanmar dan Vietnam. Jika Myanmar menang tipis, minimal Indonesia harus menang 8-0 atas Brunei karena saat ini selisih gol Indonesia +7, Myanmar +13, sementara Vietnam +15.

– Indonesia juga bisa lolos dengan hanya hasil imbang melawan Brunei. Syaratnya, Vietnam mampu menaklukkan Myanmar. Vietnam akan menjadi juara grup dengan raihan 12 poin. Sementara itu, Indonesia lolos dengan koleksi tujuh angka.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…