Sport
Selasa, 12 September 2017 - 07:25 WIB

LIGA CHAMPIONS : Barcelona Vs Juventus: Tantangan Messi Jebol Gawang Buffon

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Barcelona vs Juventus (JIBI/Reuters/Albert Gea)

Liga Champions akan menyajikan duel Barcelona vs Juventus.

Solopos.com, BARCELONA — Juventus mulai menjadi musuh familiar Barcelona setelah dua tim ini saling dipertemukan tiga kali dalam kurun waktu tiga musim terbaru.

Advertisement

Barcelona memiliki memori manis saat dipertemukan dengan tim raksasa Italia tersebut pada final Liga Champions 2015. Blaugrana, julukan Barcelona, menang dengan skor 3-1 pada partai puncak Liga Champions di Olimpiastadion Berlin.

Namun dua tahun kemudian, giliran Barcelona yang dibuat malu. Luis Suarez cs. dicukur 0-3 di markas Juventus pada leg pertama perempat final Liga Champions, 12 April 2017 lalu. Mereka hanya bermain dengan skor kacamata pada leg kedua di Camp Nou sepekan kemudian.

Advertisement

Namun dua tahun kemudian, giliran Barcelona yang dibuat malu. Luis Suarez cs. dicukur 0-3 di markas Juventus pada leg pertama perempat final Liga Champions, 12 April 2017 lalu. Mereka hanya bermain dengan skor kacamata pada leg kedua di Camp Nou sepekan kemudian.

Barcelona kembali berjodoh dengan Juventus pada fase grup Liga Champions 2017/2018. Tim yang mulai musim ini ditangani Ernesto Valverde tersebut tergabung dengan Juventus, Olimpiakos, dan Sporting Lisbon pada Grup D. Hanya selang lima bulan sejak skor 0-0 di Camp Nou, Barcelona akan kembali menjamu Juventus di markas kebesaran mereka itu, Rabu (13/9/2017) pukul 01.45 WIB.

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, sudah menunjukkan sinyal ancaman setelah mencetak hattrick ke gawang Espanyol di Liga Spanyol, Minggu (10/9/2017) dini hari WIB. Messiah, julukan Messi, sendiri masih dibuat penasaran untuk menjebol gawang kiper Gianluigi Buffon.

Advertisement

Musim ini, Messi mengoleksi enam gol di semua kompetisi bersama Barcelona. Tiga gol di antaranya tercipta pada Derby Catalan, akhir pekan lalu. La Pulga tidak lagi memiliki Neymar sebagai rekan lini depan bersama Luis Suarez. Tapi, Ousmane Dembele siap menggantikan peran Neymar sebagai pelayan baru di lini depan raksasa Catalan.

Pemain yang diboyong dari Borussia Dortmund berbanderol 105 juta euro (Rp1,6 triliun) itu langsung membuktikannya pada debutnya bersama Barcelona saat melawan Espanyol. Dia mencetak assist atas gol kelima Barcelona yang dilesakkan Suarez.

“Saya sangat senang, agak aneh bisa berada di sisi pemain-pemain terbaik di dunia. Ini kemenangan yang bagus dan saya merasakan banyak emosi. Saya telah mewujudkan mimpi,” jelas Dembele, seperti dilansir sport.es, Senin (11/9).

Advertisement

Pekerjaan Messi cs. untuk membongkar pertahanan baja Juventus akan lebih mudah. Mereka bisa memanfaatkan absennya duo gelandang bertahan Juventus, Sami Khedira dan Claudio Marchisio, yang masih berjuang memulihkan cedera masing-masing.

Barcelona semakin mendapat angin segar karena Juventus juga akan kehilangan bek tengah mereka, Giorgio Chiellini, yang dibekap cedera paha. Padahal, Juventus tak lagi memiliki Leonardo Bonucci yang hengkang ke AC Milan musim ini. Praktis hanya Andrea Barzagli, anggota trio bek BBC Juventus yang tersisa di Camp Nou nanti.

“Khedira dan Marchisio sudah pasti absen. Khedira baru kembali dari tugas internasional [dengan Jerman], dia mengalami cedera lutut dan perlu istirahat beberapa hari,” urai Manajer Juventus, Massimiliano Allegri,  seperti dikutip goal.com.

Advertisement

Di lini serang, Juventus juga kehilangan Juan Cuadrado yang terkensa sanksi. Tapi, barisan depan Bianconeri, julukan Juventus, masih tergolong aman. Allegri memiliki Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, dan Mario Mandzukic untuk meneror pertahanan Barcelona.

Dybala memiliki rekor yang lumayan apik kontra raksasa Catalan. Tandem Messi di Timnas Argentina itu dua kali menjebol gawang Barcelona. Serangan Juventus juga akan semakin lengkap karena full-back Alex Sandro dipastikan bisa kembali turun ke lapangan. Sandro bisa membantu serangan Juventus dari sayap untuk menggedor pertahanan Barca yang dikawal Gerard Pique cs.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif