Jatim
Selasa, 12 September 2017 - 11:05 WIB

Bank Siapkan 200.000 Kartu E-Toll untuk Wilayah Jatim

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peninjauan akhir jalan tol Gempol-Pandaan, Jumat (13/2/2015). (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Transaksi tol eletronik diberlakukan di Jatim pada Oktober mendatang.

Madiunpos.com, SURABAYA – Sedikitnya 200.000 kartu electronic toll (e-toll) telah disiapkan kalangan perbankan untuk mengantisipasi kebutuhan kartu saat pemberlakuan transaksi tol elektronik di seluruh gerbang tol di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Oktober 2017.

Advertisement

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Jatim, Titien Sumartini, mengatakan BI bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) serta pengelola jasa jalan tol telah menghitung kebutuhan kartu e-toll sebelum peraturan pengguna tol wajib pakai kartu diberlakukan.

“Kami telah mengidentifikasi kebutuhan lalu lintas harian [LHR] di jalan tol itu untuk di ruas tol Waru-Gempol bisa 260 per hari, ruas lain juga kita hitung. Kita telah mengidentifikasi sehingga bank sudah ada ketersediaan 200.000 kartu untuk Jatim,” ujarnya seusai BI Bincang Media Road to ISEF 2017, Senin (11/9/2017).

Dia mengatakan BI telah meminta kepada Himbara dan BCA agar semua kartu (3 kartu Himbara/BRI, BNI, Mandiri dan 1 kartu BCA)  dapat digunakan di semua gerbang tol alias satu mesin EDC dapat digunakan untuk semua kartu.

Advertisement

“Setiap seminggu sekali kita mengadakan pertemuan dengan Himbara dan penyelanggara jasa tol, ada 7 operator. Termasuk membahas bagian titik pengisian top up kartu,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif