Entertainment
Senin, 11 September 2017 - 21:06 WIB

Mahasiswi Solo Raih Gelar Miss Global Indonesia 2017

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perempuan cantik asal Solo, Cynthia Monica Rizkyawati berhasil memenangi gelar Miss Global Indonesia 2017. (Istimewa/Dokumentasi Cynthia Monica Rizkyawati)

Perempuan cantik asal Solo, Cynthia Monica Rizkyawati berhasil memenangi gelar Miss Global Indonesia 2017.

Solopos.com, SOLO--Kurang dari setahun menyandang Miss Global Indonesia Wilayah Jawa tengah 2017, Cynthia Monica Rizkyawati, 21, kembali dianugrahi gelar bergengsi. Perempuan asal Solo ini dinobatkan sebagai Miss Global Indonesia 2017 sekaligus Miss Global Indonesia Terfavorit yang dinilai berdasarkan pilihan penonton. Sementara mahkota Runner Up Pertama diraih perwakilan Bali, dan Runner Up Kedua dari Jawa Timur.

Advertisement

Serangkaian pemilihan duta kecantikan dan wisata Indonesia ini dimulai dari proses karantina pada Jumat (8/9/2017) dilanjutkan malam grand final di Surabaya pada Minggu (10/9/2017). Ia berhasil mengalahkan 19 finalis lain yang mewakili sejumlah provinsi di Indonesia.

“Syukur Alhamdulillah. Saya benar-benar enggak nyangka banget bisa jadi Miss Global Indonesia. Padahal teman-teman lain juga berbakat dengan kemampuan yang jauh lebih bagus dari saya,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (11/9/2017) pagi. Penilaian dimulai sejak proses karantina oleh tim dewan juri yang jumlahnya mencapai delapan orang.

Selain itu ia juga diminta menampilkan kemampuan bakat seni sebelum grand final. Ia bercerita waktu itu pamer kemampuan memainkan biola. Kemampuannya merancang busana juga menjadi nilai tambahan. Di saat finalis lain mengenakan kostum para desainer daerah mereka masing-masing. Cynthia memilih menggunakan kostum karnaval rancangannya berjudul Rama – Shinta saat kontes baju nasional.

Advertisement

Miss Internasional

Setelah ini tugas berat sebagai Miss Global Indonesia berada di tangannya. Ia bertanggungjawab atas promosi wisata di wilayah Indonesia selama setahun ke depan. Saat ditanya solopos.com, banyak hal yang ingin dilakukan salah satunya menghidupkan kawasan wisata di daerah-daerah terpencil. Ia berharap misi mulianya berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Selain program kerja dalam satu periode ke depan, mahasiswi semester akhir Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini juga harus mempersiapkan kompetisi Miss Global Internasional yang rencananya digelar akhir bulan ini di Kamboja bersama Miss Global se-Asean. “Banyak hal yang harus aku persiapan salah satunya kemampuan Bahasa Inggris yang harus diperbaiki lagi,” kata dia.

Advertisement

Perjalanan Cynthia dalam kontes kecantikan pertama di Indonesia ini dimulai saat memenangi Miss Global Indonesia wilayah Jawa Tengah 2017, yang digelar di Hartono Mall Solobaru, Minggu (23/4/2017). Namun ini bukanlah kompetisi pertama yang diikuti.

Terhitung sejak 2000 ia telah menjuarai belasan ajang pencarian bakat di bidang modeling, maupun duta wisata. Ia juga aktif dalam pengembangan budaya dengan menjadi instruktur pendamping Solo Batik Carnival sejak 2010.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif