Jemaah haji kloter 10 Pemalang mendapatkan perawatan dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di klinik Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (10/9/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos) Jemaah haji kloter 10 Pemalang mendapatkan perawatan dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di klinik Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (10/9/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)
Minggu, 10 September 2017 19:35 WIB Muhammad Ismail/JIBI/Solopos Boyolali Share :

HAJI 2017
Tiba di AHD Boyolali, Jemaah Haji Keluhkan Sakit Pernapasan

Lima anggota jemaah haji mengeluhkan sakit saluran pernapasan setiba di AHD.

Solopos.com, BOYOLALI — Lima dari 357 anggota jemaah haji kelompok terbang (kloter) 10 Pemalang mengeluhkan sakit di saluran pernapasan saat tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Ngemplak, Boyolali, Minggu (10/9/2017).

Jemaah haji yang sakit langsung mendapatkan perawatan dari tim kesehatan haji indonesia (TKHI) di klinik Asrama Haji Donohudan. Seorang TKIH Asrama Haji Donohudan, Luluk Arifatul, mengatakan delapan anggota jemaah haji dari kloter 10 Pemalang terpaksa dirawat di klinik AHD karena sakit.

Delapan orang tersebut perinciannya lima orang mengeluhkan sakit pernapasan dan tiga orang lainnya sakit diabetes. “Kami mengeluarkan jemaah haji yang sakit dari rombongan untuk memberikan pertolongan pertama setelah tiba dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali,” ujar Luluk saat ditemui Solopos.com di Asrama Haji Donohudan, Minggu.

Menurut Luluk, sebagian besar jemaah asal Pemalang mengeluhkan sakit setelah tiba di Asrama Haji Donohudan. Kemungkinan besar jemaah haji sudah merasakan gejala sakit pernapasan saat akan pulang ke Tanah Air.

Namun, mereka tidak melapor ke TKHI di Arab Saudi sehingga tidak terdeteksi sakitnya. “Jemaah haji yang mengeluhkan sakit pernapasan diketahui sudah parah sakitnya saat diperiksa TKIH di asrama. Kami harus memberikan alat bantu pernapasan kepada jemaah haji dengan oksigen,” kata dia.

Ia mengatakan jemaah haji yang sakit kebanyakan masuk kategori risiko tinggi. TKIH akan memantau kondisi kesehatan jemaah haji sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Kami akan merujuk jemaah haji yang sakitnya bertambah parah ke RS dr. Moewardi, Jebres, Solo,” kata dia.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir, mengatakan pada Minggu tiga kloter tiba di asrama haji yakni kloter 10 Pemalang, kloter 11 Kebumen, dan kloter 12 Magelang. Kloter 10 Pemalang tiba di bandara pukul 07.48 WIB. Mereka kemudian masuk asrama pukul 08.30 WIB.

“Kami mencatat sampai 10 September jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Donohudan ada 3.577 orang. Sementara yang meninggal dunia 55 orang,” kata Afief.

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…