Sport
Sabtu, 9 September 2017 - 05:30 WIB

LIGA SPANYOL : Lawan Espanyol, Barca Menanti Efek Dembele

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ousmane Dembele saat diperkenalkan sebagai pemain Barcelona. (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Liga Spanyol akan menyajikan laga Barcelona vs Espanyol.

Solopos.com, BARCELONA —  Pemain termahal di tim raksasa Barcelona. Itulah predikat yang disandang Ousmane Dembele saat pindah dari Borussia Dortmund senilai 150 juta euro (Rp2,6 triliun). Kelayakan harga selangit itu bakal diuji dalam laga Barca menjamu Espanyol di Camp Nou, Minggu (10/9/2017) dini hari WIB.

Advertisement

Striker 20 tahun ini kemungkinan akan langsung diturunkan sebagai starter oleh Pelatih Ernesto Valverte. Dembele akan menjadi trisula Barca bersama Lionel Messi dan Luis Suarez dalam formasi 4-3-3. Tak hanya piawai sebagai finisher, dia bisa menjadi penyuplai bola dari sisi kiri jika Blaugrana mengubah konsep menjadi 4-2-3-1.

Fleksibilitas posisi Dembele jelas akan memudahkan Valverde dalam menentukan taktik paling pas untuk membungkam rival sekota, Espanyol. Torehan 10 gol dan 10 assist Dembele bersama Dortmund musim lalu diharapkan bisa menular bersama Barca.

Namun perekrutan penyerang muda Prancis ini bukan tanpa cemoohan. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengaku tak habis pikir dengan nilai transfer Dembele. Dia menyebut nilai sang pemain terlalu mahal lantaran Dembele baru dua musim menjadi pesepakbola profesional. Dembele menjalani laga debut-nya bersama Rennes sebelum pindah ke Dortmund seusai ditebus 15 juta euro.

Advertisement

“Dembele musim lalu dihargai 15 [juta euro], tahun ini 150 juta euro. Seberapa bagus Anda bekerja di atas lapangan, Anda tidak bisa membuat harga pemain melonjak dari 15 sampai 150. Jumlah itu tidak cocok dengan realitas,” cetus Wenger kepada Bein Sport.

Kritikan Wenger ini mestinya bisa menjadi pelecut Dembele untuk membuktikan bahwa dia layak menyandang seragam Barca. Apalagi lawan dalam debut-nya nanti tak terlalu berat, Espanyol. Dari rekor pertemuan, Barca amat superior dengan memenangi lima dari enam laga terakhir.

Espanyol juga masih dihantui periode buruk seusai gagal menang di lima laga terakhir (termasuk persahabatan).
Rekan Dembele di Timnas Prancis, Kylian Mbappe, yakin Dembele bisa membantu Barca meraih kesuksesan. Striker yang baru saja hijrah ke Paris Saint Germain itu percaya rekannya bisa mengatasi tekanan besar sebagai pengganti Neymar.

Advertisement

“Dia bisa benar-benar menjadi seorang pemain hebat bersama Messi dan Suarez. Dia benar-benar akan meningkat. Dia sudah memiliki bakat yang luar biasa,” puji Mbappe, dilansir Footmercato.net. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif