Soloraya
Jumat, 8 September 2017 - 13:15 WIB

SMPN 2 Solo Raih Juara I Lomba Sekolah Sehat 2017 Tingkat Kota

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah guru mengikuti tes tertulis dalam ajang OGN 2017 Tingkat Kota Solo di SMPN 2 Solo, Rabu (10/5/2017). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Prestasi sekolah, SMPN 2 Solo meraih juara I LSS 2017.

Solopos.com, SOLO — SMP Negeri (SMPN) 2 Solo menjadi Juara I dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2017 Tingkat Kota Solo untuk jenjang SMP. Sedangkan Juara 2 dan Juara 3 masing-masing diraih SMP Batik dan SMPN 15.

Advertisement

Panitia LSS 2017 Tingkat Kota Solo, Waliyono, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (8/9/2017), mengatakan serangkaian seleksi dalam LSS dimulai awal Agustus dengan pengisian instrumen penilaian. Seleksi awal diikuti 80 SMP negeri maupun swasta.

“Untuk tahap awal ini pengisian nilai dilakukan oleh sekolah sendiri, menilai berbagai instrumen dalam LSS tersebut. Setelah itu diambil 10 besar dengan nilai tertinggi, selanjutnya tim dari Disdik dan Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan penilaian langsung ke sekolah,” ujar Waliyono yang juga Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo.

Instrumen kegiatan yang dinilai dalam LSS di antaranya meliputi ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas, ruang perpustakaan, tempat ibadah, ruang unit kesehatan sekolah (UKS), fasilitas sanitasi, kamar mandi, WC, dan peturasan, dan lain-lain.

Advertisement

Sedangkan 10 SMP yang masuk 10 besar tersebut yaitu SMPN 4, SMPN 2, SMP Muhammadiyah 1, SMP Islam Al Abidin, SMP Batik, SMPN 8, SMP Muhammadiyah 7, SMP Regina Pacis, SMPN 15, SMPN 19.

Dalam penilaian kali ini, lanjut dia, penilaian dilakukan tim dengan diam-diam dan mendadak.

“Yang sekarang dilakukan tanpa pemberitahuan ke sekolah sebelumnya. Jadi saat penilaian, tim justru bisa melihat keseharian masing-masing sekolah dalam menciptakan sekolah sehat, perilaku dan kebiasaan apa adanya,” jelasnya.

Advertisement

Dari 10 SMP yang masuk 10 besar, Waliyono mengungkapkan ada 1 SMP yang mundur lantaran tengah dalam proses rehab gedung yaitu SMP Regina Pacis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif