Lifestyle
Kamis, 7 September 2017 - 13:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Awas! 5 Kombinasi Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi roti dan selai (Boldsky.com)

Tips kesehatan tentang lima kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

Solopos.com, SOLO – Makanan merupakan sumber energi yang sangat penting bagi tubuh. Tapi, Anda tetap harus memperhatikan jumlah makanan yang masuk ke tubuh dalam sehari jika tak ingin mengalami masalah berat badan. Selain jumlah, Anda juga harus lebih jeli memilih kombinasi makanan.

Advertisement

Alih-alih menyehatkan, kombinasi makanan yang tidak tepat akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Ada beberapa makanan yang sebenarnya lebih baik dimakan sendiri. Tapi, kebanyakan orang biasanya malah mengombinasikannya dengan makanan lain yang berakibat buruk bagi kesehatan.

Mau tahu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan? Simak info yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Rabu (6/9/2017) di bawah ini:

Advertisement

Mau tahu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan? Simak info yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Rabu (6/9/2017) di bawah ini:

Roti dan selai

Roti dan selai merupakan makanan yang umum dikonsumsi baik saat sarapan atau sebagai camilan. Meski menambah kelezatan, ternyata membubuhkan selai pada roti tidak baik bagi kesehatan. Roti tawar putih terbuat dari tepung olahan yang kaya akan zat gula. Jika Anda menambahkan selai, maka kandungan gula dalam makanan akan meningkat yang membuat tubuh terasa lemas setelah mengonsumsinya.

Advertisement

Soda dan piza

Beberapa kedai biasanya menawarkan menu piza lengkap dengan minuman bersoda. Memakan piza dan minum soda memang terasa enak. Tapi, kombinasi makanan ini juga tidak baik bagi kesehatan. Piza mengandung karbohidrat dan protein yang sulit dicerna lambung.

Sementara soda mengandung zat yang memperlambat proses pencernaan. Alhasil, mengonsumsi makanan ini secara bersamaan justru akan membuat perut terasa sesak dan kembung. Selain itu, kadar gula darah akan meningkat hingga membuat tubuh terasa lemas.

Advertisement

Pasta dan keju

Keju dan tomat memang sering dijadikan bahan campuran pada olahan pasta. Rasa gurih dari keju serta tomat yang masam sangat cocok dipadukan dengan pasta. Tapi, ternyata keju dan tomat akan memperlambat proses pencernaan pasta dalam lambung. Sebaiknya, tambahkan sayuran hijau seperti bayam atau brokoli ke dalam olahan pasta agar lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Susu dan cokelat

Advertisement

Susu cokelat merupakan minuman lezat yang digemari banyak orang. Tapi, mencampurkan bubuk cokelat ke dalam susu murni ternyata tidak baik bagi tubuh. Campuran

kakao dengan susu yang tinggi kalsium akan mengganggu kerja ginjal.

Percampuran kedua bahan itu membentuk kristal oksalat yang menyebabkan batu ginjal. Jika Anda penggemar cokelat, sebaiknya hindari mencampurnya dengan susu murni. Jika ingin menambahkan susu, pilihlah yang tidak mengandung lemak alias susu skim.

Jus jeruk dan sereal

Mengisi perut dengan semangkuk sereal ditambah segelas jus jeruk saat sarapan memang terasa nikmat. Makanan yang mudah disajikan ini pun menjadi andalan beberapa orang. Tapi, kedua bahan ini   bukan pasangan yang cocok untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin C pada jus jeruk akan mengganggu proses pencernaan karbohidrat yang ada pada sereal. Alih-alih sehat, Anda justru bisa mengalami sembelit karena mengonsumsi makanan ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif