Jogja
Kamis, 7 September 2017 - 11:55 WIB

PEMKOT JOGJA : Perpustakaan di Sisi Selatan Dukung Pembangunan Wisata

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pemkot Jogja akan menambah jumlah perpustakan

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Jogja berencana menambah satu perpustakaan di wilayah Jogja bagian selatan. Perpustakaan baru yang akan diwujudkan pada awal 2019 ini direncanakan fasilitasnya sama dengan perpustakaan lama yang ada di Kotabaru.

Advertisement

Baca Juga : PEMKOT JOGJA : Kawasan Selatan Akan Dilengkapi Perpustakaan

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja juga mempersiapkan kawasan wisata berupa taman ilmu pengetahuan atau science park di Jalan Tegalturi, Umbulharjo. Dinas Pertanian dan Pangan juga tengah mengembangkan Agrowisata di Kelurahan Giwangan Umbulharjo.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko berujar pengadaan perpustakaan baru tersebut akan terealisasi pada awal 2019 mendatang. Sebabnya, rencana itu juga seiring dengan pengembangan pariwisata di Jogja bagian selatan.

Advertisement

Satu-satunya perpustakaan milik Pemerintah Kota Jogja di Kotabaru sudah melebihi kapasitas kunjungan atau pemustaka. Ia mencatat kunjungan pemustakan setiap harinya mencapai 1.200-1.400an orang. Tidak hanya pemustaka, namun banyak juga pelajar yang hanya mengerjakan tugas sekolah di perpustakaan.

Saat ini koleksi buku yang tersedia di perpustakaan Kotabaru sebanyak 33.000. Pihaknya terus berupaya memperbaharui buku-buku setiap bulannya dengan anggaran Rp4 juta per bulannya.

“Perpustakaan baru nanti juga fasilitasnya kami upayakan minimal sama dengan perpustakaan yang ada sekarang,” ucap Wahyu, Rabu (6/9/2017).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif