Barcelona (JIBI/REUTERS/Sergio Perez)
Kamis, 7 September 2017 23:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Spanyol Share :

LIGA SPANYOL
Diterpa Badai Cedera, Barca Bisa Ngos-Ngosan

Liga Spanyol diwarnai dengan Barcelona yang terancam pincang tanpas sejumlah pilar.

Solopos.com, BARCELONA — Mempunyai segudang pemain top kaliber dunia tak selamanya menguntungkan. Hal ini benar-benar dirasakan Barcelona dalam setiap jeda internasional.

Akhir pekan ini Blaugrana harus tampil tanpa Ivan Rakitic yang mengalami cedera saat membela Kroasia melawan Kosovo di Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2018, Selasa (5/9/2017). Bayang-bayang kelelahan juga menghantui sejumlah pilar Barca seperti Lionel Messi.

Rakitic dipastikan absen dalam Derby Catalan melawan Espanyol, Minggu (10/9/2017) dan Juventus dalam laga perdana Liga Champions, Rabu (13/9/2017), seperti diwartakan Marca, Kamis (7/9/2017). Meski cederanya tak terlalu parah, absennya sang pemain di dua laga krusial itu jelas merugikan Barca.

Belum lagi kondisi fisik sejumlah pemain seperti Messi, Luis Suarez, Samuel Umtiti, Gerard Pique dan Samuel Busquets masih meragukan karena kerap tampil penuh saat membela negaranya di jeda internasional. Messi selalu tampil 90 menit saat Argentina meladeni Uruguay dan Venezuela di Kualifikasi PD zona Amerika Latin.

Tandemnya, Luis Suarez, tak jauh beda karena harus tampil penuh saat melawan Paraguay dan 93 menit ketika melawan Argentina di ajang yang sama. Bek andalan Barca, Samuel Umtiti, juga tampil penuh di dua laga Prancis saat melawan Belanda dan Luksemburg. Demikian halnya duo Gerard Pique dan Sergio Busquets yang tak tergantikan di Timnas Spanyol saat melawan Italia dan Liechtenstein pekan ini.

Pelatih Barcelona, Ernesto Varvelde, jelas perlu memutar otak untuk mencari solusi kelelahan yang mendera timnya. Apalagi lawan terdekat mereka adalah Espanyol yang siap menjaga harga diri di Derby Catalan.

Untung saja Barca sudah bisa memainkan Paulinho. Rekrutan anyar dari Guangzhou Evergrande ini bisa diplot untuk mengisi posisi Rakitic. Blaugrana juga punya Ousmane Dembele yang siap tampil perdana melawan Espanyol. Dembele dapat menjadi alternatif bila Suarez tak dapat bermain selama 90 menit.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, optimistis kehadiran Paulinho serta Dembele dapat menutupi kehilangan Neymar ke Paris Saint Germain (PSG). Kedua pemain itu berkesempatan memikat publik Camp Nou saat bersua Espanyol.

“[Skuat] lebih baik. Lebih baik di sayap kanan dan di tengah lapangan. Kami bisa melakukan serangan balik dan dengan Paulinho kami punya tenaga yang besar. Di depan kami punya para pemain seperti Deulofeu dan Dembele,” ujar Bartomeu seperti dilansir Diario Sport, Rabu (6/9/2017).

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…