Jogja
Selasa, 5 September 2017 - 15:20 WIB

Ratusan Pelajar Ikut Lomba PKS

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peserta memperagakan gerakan pengaturan lalu lintas pada Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat Kulonprogo di Markas Polres Kulonprogo, Selasa (5/9/2017). (Rima Sekarani I.N.)

Ratusan pelajar SMP mengikuti Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat Kulonprogo di Markas Polres Kulonprogo, Selasa (5/9/2017)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Ratusan pelajar SMP mengikuti Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat Kulonprogo di Markas Polres Kulonprogo, Selasa (5/9/2017). Kegiatan itu diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda, khususnya mengenai kedisiplinan.

Advertisement

Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai mengatakan, kegiatan PKS diketahui sempat vakum di Kulonprogo selama setidaknya setahun belakangan. “Sekarang coba digelorakan lagi. Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat mereka yang baru dibentuk,” ucap Irfan.

Irfan menerangkan PKS dilatih untuk menjadi semacam polisi sekolah. Mereka dibekali dengan pengetahuan mengenai bahaya narkoba dan kenakalan remaja. Hal itu berkaitan dengan tugas PKS untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Mereka akan melaporkan berbagai tindakan-tindakan negatif yang mungkin terjadi kepada guru agar segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Kegiatan PKS lainnya adalah latihan baris-berbaris untuk membentuk kedisiplinan dan kekompakan. Mereka pun diajarkan berbagai gerakan pengaturan lalu lintas yang biasanya diterapkan untuk di lingkungan sekolah masing-masing.

Advertisement

“Pembentukan karakter ini sangat penting, apalagi dengan perkembangan situasi keamanan yang rentan radikalisme dan intoleran,” kata Irfan kemudian.

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto mengungkapkan, Lomba PKS menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas yang jatuh pada 22 September mendatang. “Selama ini, PKS menjadi kegiatan yang dilaksanakan dengan pendampingan dari Satlantas,” ujar dia.

Lomba PKS diikuti masing-masing satu sekolah dari setiap kecamatan. PKS terbaik selanjutnya menjadi perwakilan Kulonprogo dalam lomba tingkat provinsi yang diselenggarakan Polda DIY pada Kamis (14/9/2017) pekan depan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Lomba PKS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif