Sport
Selasa, 5 September 2017 - 09:30 WIB

KUALIFIKASI PIALA DUNIA : Lawan Israel, Italia Diminta Tinggalkan Skema 4-2-4

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Italia merayakan gol. (REUTERS/Arnd Wiegmann)

Kualifikasi Piala Dunia akan menyajikan duel Italia vs Israel.

Solopos.com, REGGIO NELL EMILIA — Italia tidak bisa menentukan nasib mereka sendiri untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-3 dari Spanyol di Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu (3/9/2017) WIB. Italia tertinggal tiga poin dari Spanyol yang memuncaki klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa setelah bentrok di Bernabeu itu.

Advertisement

Tim berjuluk Azzurri tersebut pun harus menang di tiga laga tersisa sambil berharap Spanyol tergelincir dari lawan. Tiga laga tersisa Italia di Grup G yakni menjamu Israel dan Macedonia, serta melawat ke Albania. Sedangkan Spanyol akan melawan Liechtenstein dan Israel di laga tandang, serta menjamu Albania di kandang mereka.

Lawan Italia dan Spanyol itu relatif mudah. Meski demikian, Gianluigi Buffon dkk. tidak mau kehilangan harapan untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Jika gagal menggeser Spanyol dari puncak klasemen Grup G, Italia masih bisa mempertahankan posisi runner-up meski harus melewati rute play-off ke Rusia tahun depan.

“Apakah saya merasa itu [kekalahan 0-3 dari Spanyol] sebagai tanggung jawabku? Anda selalu bisa berbuat lebih dengan gol-gol itu,” jelas Buffon seperti dilansir Football-italia.net, Senin (4/9/2017).

Advertisement

Para pemain Azzurri bertekad bangkit dari kekalahan telak dari Spanyol saat menjamu Israel di MAPEI Stadium, Reggio dell Emilia, Italia, Rabu (6/9/2017) pukul 01.45 WIB. Azzurri tidak boleh kembali mengecewakan pendukung mereka. Apalagi, kali ini mereka bermain di kandang.

Pelatih Italia, Giampiero Ventura, didesak untuk meninggalkan skema 4-2-4.  Taktik Ventura itu membuat Italia gagal membendung permainan Spanyol yang memakai konsep false nine (penyerang palsu). Selain itu, Italia minim pergerakan di sepertiga terakhir lapangan dan tak mampu memanfaatkan ruang di sisi kiri. Di sisi lain, gelandang mereka kurang leluasa mengoper bola.

Italia kehilangan Leonardo Bonucci dan Lenardo Spinazzolla saat melawna Israel. Bonucci mendapat sanksi akumulasi kartu kuning. Sementara Spinazzola mengalami cedera. Ventura lantas memanggil bek baru Chelsea, Davide Zappacosta.

Advertisement

Sementara itu, Israel juga menelan kekalahan pada laga sebelumnya. Tim yang dibesut Elisha Levy itu dipermalukan Macedonia 0-1 di hadapan publik sendiri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif