Jatim
Selasa, 5 September 2017 - 21:05 WIB

KEKERINGAN PONOROGO : Warga Desa Dayakan Harus Jalan 2 Km demi Air Bersih

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi krisis air (JIBI/dok)

Kekeringan Ponorogo, warga Desa Dayakan mengalami krisis air bersih akibat kekeringan.

Madiunpos.com, PONOROGO — Masyarakat Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Ponorogo, harus berjalan kaki sekitar 2 km untuk mendapatkan air bersih. Hal ini lantaran sumber air bersih di desa tersebut kering pada musim kemarau ini.

Advertisement

Kepala Desa Dayakan, Kateno, mengatakan kekeringan di Dusun Watuagung memang kerap terjadi pada musim kemarau. Warga setempat mengandalkan sumber mata air dan sendang di desa setempat.

Namun, saat musim kemarau sumber-sumber air andalan warga mengering. Warga harus mencari sumber air lainnya yang berjarak sekitar 2 km untuk mendapatkan air bersih tersebut.

“Ada sendang yang masih ada airnya, itu warga harus berjalan sekitar 2 km untuk mencapai lokasinya,” ujar dia kepada wartawan, Selasa (5/9/2017).

Advertisement

Kateno menuturkan untuk kebutuhan mandi dan mencuci mereka harus ke sendang yang berjarak sekitar 2 km dari permukiman penduduk. Seusai mandi dan mencuci, warga pulang membawa air di jeriken untuk masak dan konsumsi.

Dia menuturkan saat ini masyarakat Desa Dayakan membutuhkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di desanya telah ada tangki air berkapasitas 2.200 liter yang merupakan bantuan dari BPBD Ponorogo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, mengatakan saat ini BPBD semakin rutin mengirim air bersih di sejumlah desa yang krisis air bersih. Setiap hari petugas BPBD telah mendistribusikan air bersih ke desa-desa yang membutuhkan.

Advertisement

Dia menuturkan wilayah yang sudah dikirimi air bersih yaitu Dusun Jenggring, Dusun Banyuripan, dan Dusun Tlogo di Desa Duri, Kecamatan Slahung; Desa Suren, Kecamatan Mlarak; Desa Mrican, Kecamatan Jenangan; Desa Tulung, Kecamatan Sampung; dan Desa Karangpatihan, Kecamatan Pulung.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif