Sport
Selasa, 5 September 2017 - 14:25 WIB

FINANCIAL FAIR PLAY : LFP Desak UEFA Investigasi Manchester City

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manchester City (JIBI/Reuters/Jason Cairnduff)

Manchester City dicurigai melanggar aturan Financial Fair Play.

Solopos.com, MADRID — Selain Paris Saint Germain (PSG), Manchester City merupakan salah satu tim yang jorjoran mengeluarkan duit untuk belanja pemain baru di bursa transfer musim panas kemarin.

Advertisement

PSG dan City setidaknya menghabiskan dana lebih dari 200 juta poundsterling (Rp3,4 triliun) untuk membeli pemain. Padahal, mereka tidak diketahui menjual pemain dengan harga sepadan. Pengeluaran yang lebih besar pasak daripada tiang itu membuat beberapa orang mencurigai City melanggar Financial Fair Play.

Otoritas penyelenggara liga di Spanyol, LFP, ikut terusik dengan pergerakan tim polesan Josep “Pep” Guardiola tersebut di bursa transfer. Seperti dilansir Reuters, Senin (4/9/2017),setelah melaporkan PSG,  LFP meminta UEFA untuk menginvestigasi The Citizens, julukan City.

“Dana yang dikumpulkan PSG dan Manchester City dari negara bantuan merusak kompetisi Eropa dan memicu inflasi industri sepak bola secara tidak benar,” jelas Presiden LFP, Javier Tebas.

Advertisement

PSG dan City mendapat aliran dana segar dari pengusaha dari Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir. PSG dikuasai Qatar Sports Investmen sejak 2011. Sedangkan City dibeli Abu Dhabi United Group pada 2008. Aliran dana dari “para syeikh” tersebut dinilai LFP merusak kompetisi Eropa.

Sebelumnya, UEFA mulai menginvestigasi PSG secara resmi terkait dana belanja pemain mereka yang gila-gilaan, pekan lalu. Kini, The Citizens bisa menjadi target berikutnya. “PSG  punya kebiasaan menghabiskan dana dan mereka bebas dari aturan FFP selama bertahun-tahun. UEFA jangan hanya melihat transfer dalam beberapa waktu terakhir ini, tapi harus melihat sejarah transfer mereka sejak awal [dikuasai investor Timur Tengah] ,” ujar Tebas.

PSG mendatangkan Neymar dengan memecah rekor dunia senilai 222 juta euro (Rp3,4 triliun) pada musim panas ini. Sedangkan Manchester City menggaet Bernardo Silva, Kyle Walker, dan Benjamin Mendy yang total mencapai 215 juta poundsterling (Rp3,7 triliun).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif