News
Selasa, 5 September 2017 - 20:30 WIB

DPR Berang, Ketua KPK Pertanyakan Mana yang Mengancam

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Agus Rahardjo (JIBI/Bisnis/Dwi Prasetya)

Ketua KPK mempertanyakan mana pernyataannya yang dianggap mengancam.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua KPK Agus Rahardjo meminta pernyataannya yang dipersepsikan mengancam Pansus Hak Angket terhadap KPK untuk dicermati kembali. Agus membantah hal tersebut sebagai ancaman.

Advertisement

Dia mempertanyakan kata-kata mana darinya yang dianggap mengancam. Sebelumnya, Agus melontarkan pernyataan terkait rencana menuntut Pansus dengan pasal obstruction of justice karena dinilai sebagai tindakan menghalangi penegakan hukum.

Agus mengatakan tindakan itu harus dilakukan karena Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK dinilainya menghambat penegakan hukum oleh lembaga antirasuah tersebut. Dia merujuk kasus korupsi besar e-KTP yang menyeret Ketua Umum DPR Setya Novanto sebagai tersangka utama.

Hal itu dianggap ancaman oleh anggota dewan. Bahkan, anggota Pansus siap memperkarakan KPK terkait hal ini ke ranah hukum.

Advertisement

“Coba kata kata saya dicermati, ‘kami mempertimbangkan, mempelajari’. Apa itu mengancam?” katanya, Selasa (5/9/2017). Baca juga: Panas! Komisi III DPR akan Polisikan Ketua KPK.

Komisi III DPR berencana melaporkan Ketua KPK Agus Rahardjo ke Bareskrim Mabes Polri. Alasan pelaporan itu karena Agus menyatakan akan menjerat seluruh anggota Pansus Hak Angket KPK dengan Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang disebutnya menghalangi proses penanganan kasus korupsi e-KTP.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP, Arsul Sani, memastikan wacana ini semakin menguat di internal Komisi III. Politikus Senayan menganggap Agus Rahardjo telah melakukan abuse of power sebagai seorang pimpinan institusi penegak hukum di Indonesia.

Advertisement

“Di Komisi III DPR semakin berkembang diskusi wacana untuk melaporkan Ketua KPK Agus Rahardjo Ke Bareskrim Polri, ada pasalnya,” kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senin (4/9/2017).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif