Soloraya
Senin, 4 September 2017 - 12:00 WIB

Pemkot Solo Pastikan Pasar Klewer Timur Dibangun Tahun 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivitas jual beli di Pasar Klewer timur, Solo, Jumat (17/6/2016). (JIBI/Solopos/Dok)

Pasar Klewer timur akan dibangun tahun ini.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan Pasar Klewer sisi timur tetap akan direvitalisasi tahun ini.
Pemkot akan memulai proyek tersebut meskipun anggaran dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) cair mepet akhir tahun 2017.

Advertisement

“Kami sudah terima kepastian dari Kemendag bahwa anggaran akan cair dalam waktu dekat. Kemudian kami konsultasi dengan Pak Wali [F.X.Hadi Rudyatmo], petunjuknya agar nanti proyek dikerjakan semampunya,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo, akhir pekan lalu.

Menurut Subagiyo, revitalisasi Pasar Klewer sisi timur dirancang untuk bisa dikerjakan dengan rentang waktu enam bulan. Saat ini, Pemkot Solo sudah kehilangan waktu dua bulan. “Ya, nanti sisa waktu kurang dari empat bulan ini kami optimalkan seselesainya. Sakrampunge,” tegas Subagiyo.

Dalam waktu empat bulan ini Pemkot Solo siap bekerja simultan, mulai dari persiapan lelang, proses lelang, hingga merelokasi pedagang dari Pasar Klewer ke pasar darurat yang ada di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo sisi barat. “Untuk lelang kami upayakan cepat 20 hari selesai,” tutur dia.

Advertisement

Subagiyo sudah memperkirakan dalam waktu kurang dari empat bulan ini, proyek yang bisa direalisasikan adalah pembuatan struktur bangunan. “Seperti yang saya sampaikan tadi, sakrampunge mungkin baru struktur gedungnya dulu,” ungkap dia.

Sama seperti proyek revitalisasi Pasar Klewer sisi barat, pemenang tender nantinya akan diminta untuk mengebut proyek. Bisa jadi, pekerjaan berjalan terus setiap hari selama 24 jam.

Meskipun revitalisasi pasar dipastikan tidak selesai satu tahun anggaran ini, namun Subagiyo memastikan anggaran yang akan dicairkan dari Kemendag tetap senilai Rp48 miliar. “Anggarannya tetap. Nanti sisanya kami kembalikan, kemudian kami ajukan lagi tahun depan,” papar dia

Advertisement

Menurut Subagiyo, proyek revitalisasi Pasar Klewer tidak boleh mandek sehingga Pemkot Solo akan berupaya mengerjakan sesuai dengan kemampuan penyerapan anggaran. “Memang jadinya molor. Yang semestinya bisa selesai tahun ini, harus molor diselesaikan tahun depan,” jelas dia

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Klewer Timur, Sutarso, menjelaskan pedagang di Pasar Klewer sudah bersiap untuk menempati pasar darurat di Alut Keraton Solo sejak awal Agustus lalu. Namun, selama belum ada kepastian pencairan anggaran revitalisasi, mereka pun belum bisa pindah ke pasar darurat. Mereka tetap menunggu instruksi Pemkot Solo sambil menunggu kepastian pelaksanaan pembangunan pasar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif