Para pemain Belanda merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Michael Kooren)
Senin, 4 September 2017 18:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos Internasional Share :

Langkah Berat Belanda Menuju Piala Dunia 2018

Belanda punya peluang kecil untuk lolos ke putaran final Piala Dunia.

Solopos.com, AMSTERDAM – Belanda memang baru saja memetik kemenangan atas Bulgaria dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Namun, mereka tetap harus mati-matian untuk lolos ke putaran final di Rusia mendatang.

Belanda menang dengan skor 3-1 atas Bulgaria di Amsterdam Arena, Minggu (3/9/2017) malam WIB. De Oranje menang berkat dua gol Davy Proepper serta satu gol tambahan Arjen Robben.

Tambahan tiga poin ini membuat Belanda naik ke posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan perolehan 13 poin dari delapan laga. Mereka berada di bawah Prancis (17 poin) dan Swedia (16 poin).

Dari zona Eropa sendiri hanya ada dua tim yang lolos dari satu grup. Juara grup lolos secara otomatis ke putaran final Piala Dunia 2018, sementara runner up harus menjalani play off terlebih dulu. Belanda pun bepeluang melakoni laga hidup mati melawan Swedia, bulan depan.

Meski begitu, peluang belanda tetap berat. Pasalnya, mereka hanya memiliki selisih gol +5, sedangkan Swedia punya +11. Padahal, selisih gol menentukan kelolosan. Belanda pun harus menang ketika bertemu Swedia nanti.

“Anda harus menang dan kalau bisa dengan gol sebanyak mungkin. Itu sudah bagus,” ujar kapten Belanda, Arjen Robben, kepada NOS.

“Tapi apapun itu, saya melihat performa kami tak bagus-bagus amat. Anda harus membuat banyak gol. Para pemain semuanya punya keinginan besar, tapi masih harus tampil lebih oke lagi,” sambungnya.

“Kami masih berpeluang lolos. Tapi Anda tidak bisa menentukan nasib sendiri. Sangat penting soal selisih gol dan bukan head-to-head. Maka kami akan menghadapi laga final sebenarnya melawan Swedia,” tutup winger Bayern Munchen itu.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….