Jogja
Senin, 4 September 2017 - 06:20 WIB

Komunitas Alun-Alun Utara Dukung Tarif Parkir Dinaikkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Belasan pedagang Pasar Kembang melakukan aksi topo pepe di Alun-alun Utara (Altar), Minggu (16/7/2017) siang. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Forum Komunitas Kawasan Alun-alun (FKKAU) mendukung upaya Pansus Perparkiran yang tengah menyusun regulasi kenaikan tarif parkir

Harianjogja.com, JOGJA -Forum Komunitas Kawasan Alun-alun (FKKAU) mendukung upaya Pansus Perparkiran yang tengah menyusun regulasi kenaikan tarif parkir di semua zona.

Advertisement

“Kami juga sebenarnya sudah mengusulkan lama terkait kenaikan tarif parkir khususnya di kawasan Alun-alun Utara,” kata Sekretaris FKKAU, Krisnadi, saat dihubungi Sabtu (2/9/2017).

Ia mengatakan tarif parkir di kawasan Alun-alun Utara atau Altar idealnya Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk sepeda motor. Usulan itu sudah dia sampaikan ke Pemerintah Kota Jogja setelah adanya pengelola arkir di Altar yang terjaring razia Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) pada malam pergantian tahun lalu.

Menurut Krisnadi, kawasan Alun-alun Utara merupakan lokasi parkir yang masuk katagori zona satu karena ramai dikunjungi. Jika mengacu pada Perda yang berlaku saat ini, kata dia, tarif parkir hanya Rp1.000 untuk motor dan Rp2.000 per mobil.

Advertisement

Murahnya tarif parkir di zona satu, diakui Krisnadi juga berdampak pada tingkat keterisian tempat khusus parkir (TKP) yang kurang. Ia menyebut TKP Ngabean selama ini jarang terisi kecuali saat libur panjang. Itu pun tidak semua terisi dari total kapasitas 120 sepeda motor di lantai II.

“Kalau parkir di tepi jalan umum mahal, saya kira orang akan berpikir untuk parkir di TKP,” ujar Krisnadi.

Ia menambahkan, agar TKP Ngabean tetap terisi saat ini pengelola bekerjasama dengan hotel-hotel di sekitar TKP Ngabean agar mengarahkan tamu untuk parkir di Ngabean.

Advertisement

Sebelumnya Ketua Pansus Perparkiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja, Antonius Fokki Ardianto juga menyatakan Pansus tengah membahas adanya penyesuain tarif parkir. Bahkan pihaknya menginginkan agar diberlakukan tarif progresif di semua zona arkir.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif