Jogja
Minggu, 3 September 2017 - 01:00 WIB

LAPTOP TERBARU : ASUS ROG Zephyrus GX501, Notebook Gaming Tertipis di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ROG Zephyrus GX501 (dok. Asus)

Laptop terbaru dari Asus
Harianjogja.com, JOGJA — Tipis bukan berarti menghambat performa. Justru sebaliknya, ASUS ROG Zephyrus adalah notebook gaming tipis dengan berat yang hanya 2,2 kg yang memiliki performa sangat gahar serta portabilitas tinggi. Bahkan dengan ukurannya itu, dia sudah siap untuk menjalankan berbagai macam konten game berbasis virtual reality.

ASUS ROG Zephyrus GX501 adalah notebook gaming tertipis di belahan bumi manapun saat ini dengan ketebalan hanya 1,69 cm. Perangkat tersebut adalah hasil perwujudan akan suatu hal yang dulunya dianggap mustahil menjadi mungkin. Yakni menciptakan mesin gaming berperforma tinggi, di mana form factornya bahkan lebih tipis dari ultrabook sekalipun.

Advertisement

Davina Larissa Rolos selaku Product Marketing ASUS mengatakan performa ROG Zephyrus tak diragukan dari. Tiap-tiap bagian di dalam tubuhnya, terdiri dari susunan komponen perangkat kelas atas yang ada. Zephyrus GX501 memiliki prosesor Intel Generasi ke-7, Core i7-7700HQ disertai sokongan kartu grafis Nvidia Max-Q GTX 1080 dengan video memori 8GB GDDR5 yang punya performa 1,8 kali lebih tinggi dari GPU Nvidia GTX 1060, yang di setting untuk memainkan game level AAA pada grafis 4K pada preset tertinggi.

“Sementara spesifikasi lainnya meliputi, memori RAM 24GB DDR4 berkecepatan 2400MHz, penyimpanan berbasis PCIe SSD bervolume 1TB yang memiliki bandwidth 7x lebih besar, 3x latensi lebih rendah dan 3,8x multitasking yang lebih kencang dari SSD berbasis SATA serta bisa diekspansi. Teknologi pendinginnya pun dibuat menjadi lebih inovatif, sehingga meskipun notebooknya tipis tidak akan mengalami problem overheating atau panas sama sekali berkat sebuah  teknologi pendingin inovatif yang dinamakan dengan ROG Active Aerodinamic System (AAS),” terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima, Sabtu (2/9/2017).

AAS adalah sebuah teknologi pendingin khusus yang dirancang oleh para engineer ASUS untuk memaksimalkan pendingin pada ASUS ROG Zephyrus. Melalui 5 buah heatpipe yang tersimpan ASUS ROG Zephyrus GX501 yang melewati CPU maupun GPU, mereka akan berbagi tugas meredam panas dengan cepat saat sistem sedang full load. Ada 71 baling-baling kipas pada tiap fan-nya yang terbuat menggunakan bahan polikarbonat yang dikristalisasi.  Secara keseluruhan panas yang akan direduksi oleh teknologi Active Aero System ini adalah sebanyak 20% lebih baik ketimbang pendingin konvensional biasa.

Advertisement

Kipas-kipas tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi,  namun tetap minim noise untuk mendinginkan sistem.  Sementara ruang pada kipasnya sendiri dibuat dari bahan alumunium menggunakan metode die-cast agar bobot tetap tipis, ringan serta meminimalkan kebisingan kipasnya.

Ketika notebook dibuka dan LID cover diangkat ke atas, bagian bawah dari ASUS ROG Zephyrus GX501 akan bertransformasi sedemikian rupa sehingga menciptakan ruang pembuangan panas sebesar 6mm yang terlihat sangat keren dan futuristik. Dengan terbuka ruang  itu, temperatur pada CPU dan GPU akan tereduksi sebesar 10 derajat celcius.

Semua komponen ini akan dibungkus dengan bodi berbahan metal dengan senyawa magnesium aluminium alloy untuk menjamin daya tahan serta penyebaran panasnya terjaga dengan baik.  Alumunium alloy adalah material yang kuat dan kokoh sekaligus elegan untuk digunakan sebagai pelapis notebook premium dan dapat menjaganya dari benturan ketika sedang digunakan.

Advertisement

Improvisasi Desain yang Menakjubkan
Sejatinya yang bisa dibanggakan dari notebook gaming ASUS ROG Zephyrus GX501 tidak hanya sekedar performa, desainnya yang tipis dan teknologi pendinginnya semata. Lebih dari itu, fitur-fitur lainnya pun dibuat dengan amat sangat mengagumkan.

improvisasi pada desain banyak dilakukan pada perangkat ini, terutama sekali terlihat pada layout keyboardnya serta chargernya memiliki daya 230W yang juga dibuat menjadi lebih kecil dari standar charger notebook gaming pada umumnya.  ASUS tidak lagi meletakan touchpad dibagian bawah keyboard melainkan mereposisinya disebelah kanan dan secara unik menggabungkannya dengan numpad, dan tak lagi menaruh banyak aplikasi bawaan alias bloatware sehingga Anda bisa lebih memanfaatkan kapasitas storage sesuai kebutuhan.

ASUS juga menyempurnakan layarnya dengan teknologi refresh rate 120Hz, G-Sync, IPS panel, antiglare
Produk ini telah tersedia di Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp50.299 juta. ASUS memberikan garansi selama 2 tahun senilai Rp1.250 juta serta aksesoris secasra gratis yang terdiri dari backpack ROG, gaming mouse, palmrest, screw driver dan USB 3.0 to LAN cable.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif