Jogja
Sabtu, 2 September 2017 - 23:22 WIB

IDULADHA 2017 : Ini Rentetan Manfaat Melibatkan Anak untuk Berkurban

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana aksi sosial KB/TK & SD Islam Al Azhar (SDIA) 38 Bantul, Sabtu (2/9/2017). (IST)

Iduladha 2017 diperingati dengan berbagi

Harianjogja.com, BANTUL — KB/TK & SD Islam Al Azhar (SDIA) 38 Bantul sukses menyelenggarakan acara penyembelihan hewan Kurban. Acara dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan Iduladha di sekolah. Setidaknya satu ekor sapi dan sembilan kambing dikurbankan tahun ini.

Advertisement

Kepala Sekolah SDIA 38 Bantul, Fathul Mujib menyampaikan kegiatan yang dikoordinasi guru sekolah tersebut, Ely Kusuma Wardani dan Dyah Astuti bertujuan menebar manfaat untuk umat. Sejumlah kupon pembagian hewan kurban dibagikan pada warga sekitar Kecamatan Bantul.

“Kegiatan kurban ini diikuti dan disaksikan oleh murid-murid agar mereka dapat kesempatan rekreasi dan melihat  prosesnya agar mereka dapat pelajaran langsung (learning by doing). Didampingi orang tua, siswa diajak menyaksikan proses kurban dari penyembelihan, pengulitan, penghitungan, penimbangan dan pendistribusian hewan kurban,“ terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima pada Sabtu (2/9/2017).

Seorang walimurid, Wahyu yang ikut mengantar anak, merasakan manfaat dari kegiatan ini. Ana-anak dapat secara langsung melihat dan belajar menghitung hingga menimbang daging layaknya matematika, juga belajar kepekaan sosial dan lainya.

Advertisement

“Sebelumnya anak-anak di kelas sudah disosialisasikan tentang kurban dan manfaatnya, sedangkan pada hari ini konsep kurban adalah memang seperti rekreasi, melihat dan belajar langsung. Tidak hanya itu momentum iduladha di sekolah juga dijadikan sebagai momentum refleksi dan introspeksi para orangtua dalam mendidik keluarga dan belajar dari napak tilas kisah perjalanan keluarga Nabi Ibrahim AS yang seharusnya menjadi contoh dan role model saat ini,” tambah Fathul.

Acara ditutup dengan Pembacaan Doa dan Pendistribusikan daging yang sudah dibungkus rapi oleh para murid KB-TK & SD Islam Al Azhar 38 Bantul .

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif