Ginanjar Rahmawan Ginanjar Rahmawan
Sabtu, 2 September 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Stadion Manahan Solo dan Potensi Bisnis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (28/8/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program S3 Community Develpoment Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ginanjar.uns@gmail.com.

Solopos.com, SOLO–Pada Senin 7 Agustus 2017 lalu Harian Solopos memberitakan ihwal kebutuhan biaya untuk merombak atau memugar Stradion Manahan yang mencapai Rp200 miliar.

Dalam berita tersebut dijelaskan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo telah mengajukan permintaan bantuan anggaran untuk renovasi kawasan Stadion Manahan yang akan dikerjakan pada 2018 kepada pemerintah pusat.

Rencana penataan kawasan Stadion Manahan ini akan menelan biaya besar. Kawasam stadion ini mencakup wilayah seluas 170.000 meter persegi. Rencana pemugaran ini untuk mewujudkan kawasan Stadion Manahan sebagai pusat olahraga terbesar di Jawa Tengah.

Ada tiga fokus dalam rencana penataan kawasan Manahan ini. Pertama, penambahan tempat duduk penonton di stadion sepak bola dari 21.000 unit menjadi 35.000 tempat duduk.

Kapasitas stadion setelah dipugar hampir setara dengan stadion milik klub sepak bola di Inggris, Everton, yaitu Goodison Park (40.000 tempat duduk),  dan di atas King Power Stadium milik Leicester City (32.500 tempat duduk). Rencananya, seluruh tribune akan dijadikan tertutup sehingga penonton terhindar dari hujan.

Kedua, penataan gedung olahraga (GOR) yang kondisinya saat ini sudah tidak layak. Saat Presidan Joko Widodo berkunjung, ia kaget mengetahui kondisi GOR saat ini. GOR akan dibongkar total dan dibangun gedung baru yang nyaman untuk kejuaraan badminton, futsal, hingga basket.

Ketiga, penataan lapangan tenis indoor dan outdor yang merupakan tempat tenis favorit warga Solo, penataan velodrome, serta penataan fasilitas olahraga lainnya.

Kawasan Stadion Manahan diproyeksikan menjadi tempat penyelenggaraan acara bertaraf nasional dan internasional. Sejarah mencatat kawasan Stadion Manahan sampai saat ini baru empat kali menjadi tempat penyelenggaraan acara bertaraf internasional.

Selanjutnya adalah: Pernah menjadi tempat penyisihan grup Liga Champions Asia…

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…