Jogja
Jumat, 1 September 2017 - 17:33 WIB

TRANSPORTASI JOGJA : Pembangunan MRT atau LRT Mendesak Direalisasikan, Mungkinkan?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mass rapid transit (MRT) Surabaya. (smart.surabaya.go.id)

Transportasi Jogja alternatif perlu segera diupayakan

Harianjogja.com, JOGJA — Anggota Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah tentang Trasportasi Lokal Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jogja, Antonius Fokki Ardiyanto menilai pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) atau pun Light Rail Transit (LRT) sudah sangat mendesak untuk direalisasikan.

Advertisement

Baca Juga : TRANSPORTASI JOGJA : Ini Kendala yang Dihadapi untuk Pembangunan Kereta Gantung

Menurutnya, pembangunan salah satu moda transportasi tersebut adalah jawaban dari permasalahan kemacetan Kota Jogja yang semakin hari semakin parah. Pasalnya untuk mengembangkan jalan, Kota gudeg sudah tidak punya lahan lagi, sementara kendaraan pribadi terus saja tumbuh.

“Saya adalah pengendara motor, hampir setiap jalan selalu macet. Saya tidak mau Kota Jogja jadi Jakarta kedua, karena itulah MRT [Mass Rapid Transit] atau LRT [Light Rail Transit] harus dibangun untuk menghubungkan pusat budaya, ekonomi dan pemerintahan,” jelas Fokki, begitu sapaan akrabnya ketika dihubungi Jumat (1/9/2017)

Advertisement

Dia menyatakan usul ini sudah berulang kali disampaikan oleh dirinya dan kolega-koleganya di Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Trasportasi Lokal. Namun, pemerintah Kota Jogja, sebutnya, terus saja menampik dengan alasan jalan-jalan yang ada bersinggungan dengan kabupaten lain.

Fokki berpendapat hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan terus menerus karena bisa diakali, “Pemimpin itu harus berpikir di luar kotak dong. Misalnya saja, jalur satu bisa dibuat dari Balai Kota, DPRD, Lippo Mall, Tugu, Taman Pintar dan balik lagi ke Balai Kota. Kan bisa sebenarnya seperti itu,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif