Soloraya
Jumat, 1 September 2017 - 08:00 WIB

AGENDA SOLO : 4-5 September Ada 25 Museum di UNS Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswa melihat benda koleksi di Museum Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Rabu (30/8/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Agenda Solo di UNS mengadakan Museum Goes to Campus (MGtC).

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menggelar Museum Goes to Campus (MGtC) ke-2 di Auditorium UNS Solo pada Senin-Kamis (4-7/9/2017). Ada 25 museum di Tanah Air yang bergabung. Koordinator Pameran, Agus H. K. Soetomo, mengemukakan tema MGtC ke-2 2017 adalah Keanekaragaman yang Menyatukan.

Advertisement

“Melalui pameran museum, keanekaragaman sejarah dan budaya bangsa akan diperlihatkan. Pada saat yang sama akan tampak pula kesamaan-kesamaan yang menyebabkan kita merasa satu sebagai bangsa,” ujar Agus saat jumpa wartawan di Gedung Perpustakaan UNS Solo, Rabu (30/8/2017).

Penyajian pameran akan dilakukan dengan cara inovatif dan interaktif sehingga pengunjung bisa having fun sambil mempelajari jejak-jejak dan peninggalan sejarah bangsa. Dia menambahkan MGtC ke-1 telah diselenggarakan pada November 2016. MGtC kini menjadi agenda tahunan UNS.

Target pengunjung pameran adalah mahasiswa, pelajar, pendidik, budayawan, para pengampu museum, serta para pengambil kebijakan di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata. Tujuan MGtC adalah mendekatkan nilai-nilai sejarah dalam arti seluas-luasnya ke tengah publik.

Advertisement

Pameran museum yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS didukung sejumlah instansi antara lain Direktorat PCBM (Pelestarian Cagar Budaya dan Museum, Ditjenbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo, Keluarga Alumni FIB) UNS, Keluarga Alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain FSRD) UNS, guru-guru pendidik Sejarah dan Seni (MGMP) sebagai mitra publikasi dan edukasi, Himpunan Mahasiswa Prodi Sejarah FIB UNS, Bank Mandiri, serta Komunitas Tali Sejarah.

MGtC ke-2 tidak hanya diisi dengan pameran museum melainkan juga serangkaian kegiatan pendukung semisal seminar permuseuman, kuliah umum nilai-nilai kebangsaan untuk para mahasiswa, lomba dongeng nusantara untuk para mahasiswa, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif