Lifestyle
Kamis, 31 Agustus 2017 - 03:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Rawat dan Simpanlah Kontak Lensa

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kontak lensa (softlensqueen.com)

Tips kesehatan kali ini membahas cara merawat kontak lensa.

Solopos.com, SOLO –– Saat ini tidak sedikit wanita menggunakan kontak lensa atau softlens. Bukan hanya demi alasan kesehatan, melainkan juga demi menunjang penampilan. Dibanding kacamata, pemakaian softlens atau lensa kontak kerap dinilai lebih praktis dan memiliki nilai estetika yang lebih tinggi.

Advertisement

Oleh karena itu tak jarang orang yang lebih memilih menggunakan lensa kontak ketimbang kacamata dalam keseharian. Namun, sebenarnya penggunaan lensa kontak terlalu sering juga tak aman.

Softlens membuat pemakainya tetap berpenglihatan baik tanpa kerepotan dengan kacamatanya, tetapi lensa kontak juga lebih rentan terhadap infeksi bila digunakan dengan tidak hati-hati,” ucap Jennifer R. Cope, dermolog dari National Center for Emerging, Zoonotic and Infecticus Diseases Amerika Serikat, belum lama ini, seperti dikutip Dailymail.

Jennifer berpesan kepada pengguna lensa kontak untuk mengikuti langkah-langkah higienis setiap kali ingin memakainya. Menurut Jennifer, bersihkan dan simpan kembali lensa kontak setelah digunakan supaya mata tetap sehat.

Advertisement

Dikutip dari berbagai sumber, belum lama ini, data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan seseorang yang memakai lensa kontak semalaman 20 kali lebih besar berisiko terserang keratitis. Keratitis merupakan rasa sakit pada mata yang terkadang menyebabkan kebutaan.

Pada kondisi ini, kornea terinfeksi mikroba, jamur, dan bakteri lain. Jika ditangani tepat waktu, kebanyakan kasus keratitis dapat disembuhkan tanpa adanya kerusakan yang berlangsung lama. Sebaliknya, jika tidak segera ditangani, keratisis dapat menyebabkan peradangan, bahkan kebutaan.

Lensa kontak yang sering digunakan sepanjang malam dan jarang diganti merupakan penyebab utama terjadinya keratitis pada pemakainya.

Advertisement

“Jika Anda pengguna softlens dan sering menderita sakit atau radang di mata Anda, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter,” ujarnya.

CDC merekomendasikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keratitis pada mata. Cuci tangan menggunakan sabun dan air sebelum memegang lensa kontak. Jangan lupa lepaskan lensa kontak sebelum tidur, mandi, atau berenang.

Setelah melepaskan lensa kontak, gosok, dan bilas lensa menggunakan cairan pembersih. Simpanlah lensa kontak di tempat yang sejuk dan ganti lensa kontak setiap tiga bulan sekali.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif