Jogja
Selasa, 29 Agustus 2017 - 21:55 WIB

Pendidikan Politik Diajarkan Sejak SMP

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pelajar melakukan simulasi KPPS dalam training of trainer Pemilos di Ruang Utama Monjali, Selasa (26/7/2016) siang. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) untuk Pemilihan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS)

 
Harianjogja.com, BANTUL– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) untuk Pemilihan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) atau disebut Pemilos tingkat SMP.

Advertisement

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin (28/8/2017) hingga Selasa (29/8/2017) tersebut merupakan salah satu upaya KPU membangun kesadaran berdemokrasi sejak dini bagi warga Bantul. ToT Pemilos kali ini diikuti oleh pembina OSIS dari 88 SMP negeri dan swasta di Bantul.

“Melalui Pemilos SMP ini diharapkan dapat membekali pengetahuan, pemahaman sekaligus pengalaman para siswa SMP untuk menjadi pemilih yang cerdas dan kritis serta menjadi penyelenggara Pemilos yang profesional dan berintegritas,” kata Komisioner KPU Bantul yang membidangi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Titik Istiyawatun Khasanah, Selasa (29/8/2017).

Pemilos diketahui sebagai miniatur dari Pemilihan Umum (Pemilu) yang rutin dilaksanakan di Indonesia, bagi warga yang telah menginjak usia 17 tahun. Pemilihan Ketua OSIS  menjadi salah satu sarana pendidikan politik bagi pelajar di Bantul. Pelaksanaan Pemilos tingkat SMP akan digelar serentak pada 19 Oktober mendatang di 88 sekolah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif