Soloraya
Selasa, 29 Agustus 2017 - 18:15 WIB

Hutan Lawu Jatim Terbakar, Karanganyar Waspada

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran hutan di Gunung Lawu. (Antara/Siswidodo)

Kebakaran hutan di Gunung Lawu wilayah Jatim membuat Karanganyar waspada.

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebakaran hutan di sisi utara Gunung Lawu wilayah Ngawi, Jawa Timur, Senin (28/8/2017) siang, belum berpotensi merembet ke wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, karena langsung berhasil dipadamkan.

Advertisement

Namun demikian, Sukarelawan Cetho (Reco) Karanganyar tetap waspada. Mereka melakukan langkah pencegahan dengan sosialisasi kepada warga agar tak membakar semak belukar atau membuka lahan dengan membakar tanaman.

Reco memastikan kobaran api di petak 19, Jogorogo, Ngawi, itu sudah padam pada pukul 15.30 WIB. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Gunung Lawu dalam level Waspada menyusul kebakaran di kawasan Ngawi.

Akibat kebakaran tersebut, jalur pendakian via Cemoro Sewu, Magetan, Jatim, ditutup sementara waktu. Kobaran api berada di dekat perbatasan Jateng dan Jatim. Total areal hutan Lawu yang terbakar diperkirakan mencapai lima hektare.

Advertisement

Sejumlah sukarelawan di Ngawi, Jatim, bahu-membahu memadamkan kobaran api tersebut secara manual. “Kobaran api sudah padam. Potensi merembet [dari Jatim ke Jateng] belum. Antisipasi sementara sosialisasi ke warga agar tak membakar semak belukar atau membuka lahan [dengan membakar rumput],” kata Ketua Reco Karanganyar, Agung, kepada Solopos.com, Selasa (29/8/2017).

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif