Jateng
Minggu, 27 Agustus 2017 - 04:50 WIB

USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH : Sadewa Market Wadahi Jualan Online UMKM Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi smartphone belanja online produk UMKM Jateng Sadewa Market. (Twitter.com)

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jateng difasilitasi pemprov setempat dengan aplikasi berjualan online Sadewa Market.

Semarangpos.com, JEPARA — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperkenalkan aplikasi Sadewa Market sebagai tempat belanja online produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Advertisement

Pengenalan aplikasi Sadewa Market itu dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Pesta Rakyat Jateng 2017 dalam rangka hari jadi atau hari ulang tahun (HUT) ke-67 Provinsi Jateng yang digelar di Alun-Alun Jepara, Jumat (25/8/2017). Peluncuran Sadewa Market itu ditandai dengan penekanan tombol merah pada layar lebar oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Ema Rachmawati serta perusahaan pembuat aplikasi Sadewa Market.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo juga mempraktikkan transaksi pembelian kain batik. “Kami akan mendorong pelaku UMKM untuk berkembang dan pemerintah akan berupaya memberikan insentif,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di sela-sela perayaan Pesta Rakyat Jateng 2017 di Alun-alun Jepara itu.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo juga mempraktikkan transaksi pembelian kain batik. “Kami akan mendorong pelaku UMKM untuk berkembang dan pemerintah akan berupaya memberikan insentif,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di sela-sela perayaan Pesta Rakyat Jateng 2017 di Alun-alun Jepara itu.

Ia mengatakan bahwa pemerintah juga berkewajiban memastikan UMKM memiliki keterampilan untuk usaha dan mendapatkan kemudahan akses permodalan. Sementara itu, Wakil Divisi UMKM dan Consumer Bank Jateng Pusat Koco Parwoto menambahkan, bahwa kehadiran Sadewa Market diprediksi bakal memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

Selain itu, sambung dia, Sadewa Market juga bakal diminati masyarakat, karena di dalamnya terdapat berbagai produk dari pelaku UMKM di Jateng. Hal terpenting untuk menarik minat pembeli, kata dia, produk dari pelaku UMKM tersebut harus lebih bagus, selain pula kualitas produknya.

Advertisement

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jateng Ema Rachmawati menambahkan, kehadiran Sadewa Market bertujuan memberikan kemudahan terhadap pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Bagi masyarakat, kata dia, tentu memberikan kemudahan dalam berbelanja secara daring, terutama produk-produk UMKM unggulan di Jateng.

“Jika masyarakat berbelanja di Sadewa Market, berarti ikut berperan memajukan UMKM di Jateng,” ujarnya.

Jumlah produk yang terdaftar dalam Sadewa Market, katanya, mencapai 1.000-an produk dari 800-an pelaku UMKM yang berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Jateng. “Kami optimistis, jumlahnya bisa bertambah karena pemasaran yang paling murah untuk UMKM,” ujarnya.

Advertisement

Terlebih lagi, imbuh dia, jumlah pelaku UMKM di Jateng mencapai lebih dari 4 juta. Setelah dipromosikan selama dua kali, katanya, jumlah yang sudah melihat produk UMKM yang ditampilkan lewat Sadewa Market mencapai 150.000 orang dan sekitar 60.000-an berasal dari luar negeri.

Untuk mengetahui produk yang dijual melalui Sadewa Market, katanya, masyarakat cukup mengunduh aplikasi Sadewa Market lewat Google Play Store, kemudian diinstal di smartphone. Pelaku UMKM yang hendak mendaftar, katanya, cukup mudah, karena cukup mendaftar melalui aplikasi berbasis android tersebut serta menyertakan nomor induk kependudukan (NIK).

“Kami juga sekaligus melakukan pendataan terhadap UMKM, karena ketika hendak menyalurkan bantuan bisa diminimalkan kemungkinan doubel karena NIK sudah tercatat,” ujarnya. Jenis produk yang sudah tersedia pada Sadewa Market, yakni menel, kerajinan tangan, makanan dan minuman, pakaian, perhiasan, serta tas dan sepatu.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif