Jogja
Minggu, 27 Agustus 2017 - 22:20 WIB

HUT KEMERDEKAAN RI : Seru! Lomba Tangkap Lele dengan Peserta Lansia Berkebaya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perempuan lanjut usia turut berpartisipasi dalam lomba tangkap lele, memeringati hari kemerdekaan ke-72 RI, di Desa Banasara, Minggu (27/8/2017).(Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia dimeriahkan dengan lomba tangkap lele

 

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia telah berlalu, kendati demikian semangat untuk terus menyemarakannya masih ada di sudut-sudut kampung. Seperti misalnya di Desa Banasara, Minggu (27/8/2017), warga setempat menggelar lomba tangkap lele.

Lomba ini dilaksanakan di sebuah petak sawah, peserta yang turut berpartisipasi bukan hanya anak-anak, melainkan juga perempuan lanjut usia. Bahkan mereka melakukannya dengan berkebaya dan berjarik. Peserta bersaing menemukan satu dari ratusan lele, yang disebut sebagai lele kemerdekaan.

Saat perlombaan dimulai, mereka berebut tanpa ampun. Mereka bahkan tidak mempedulikan baju mereka basah dan tangan serta kaki penuh lumpur. Sesekali mereka diwajibkan berjoget ketika panitia memutarkan musik.

Advertisement

Panitia Lomba, Aryanti mengatakan, para ibu-ibu mengenakan kebaya dan jarik menjadi sebuah cara untuk mengajak para peserta turutu melestarikan budaya. Karena di masa kini, generasi muda mulai melupakan kebaya dan lebih mengikuti tren berpakaian ala budaya barat. Ia menambahkan, lomba ini tidak menyediakan hadiah bagi peserta.

“Lele yang berhasil ditangkap oleh peserta, boleh dibawa pulang,” kata dia, Minggu.

Salah seorang peserta berusia 64 tahun, Ngatini mengungkapkan, menangkap lele memang sulit baginya. Namun dengan mengikuti lomba ini, warga bisa mendapatkan hiburan, sekaligus menjalin silaturahim dan bergembira bersama.

Advertisement

“Kami berharap tahun mendatang juga diadakan seperti ini, bahkan dengan lebih meriah,” terangnya.

Sementara itu, Sri Amanati mengatakan, perempuan berusia 62 tahun ini senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini, karena bisa turut meramaikan suasana kampung. Dan menjadi penyemangat dalam mengisi hari peringatan kemerdekaan.

Advertisement
Kata Kunci : HUT Kemerdekaan RI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif