Jateng
Sabtu, 26 Agustus 2017 - 10:50 WIB

PILKADA 2018 : Duh, Banyak Warga Jateng yang Belum Tahu Pilgub

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Pilkada 2018 diwarnai berbagai survei dari lembaga independen.

Semarangpos.com, SEMARANG – Banyak masyarakat di Jawa Tengah (Jateng) yang ternyata belum memiliki pengetahuan seputar Pilkada atau Pilgub 2018. Hal ini disampaikan Direktur Lembaga Pengkajian dan Survei Indonesia (LPSI), Muchamad Yuliyanto, saat menggelar diskusi bersama Bawaslu Jateng di MG Setos, Semarang, Jumat (25/8/2017).

Advertisement

Berdasar survei yang dilakukan LPSI selama sepekan lebih, dari 4-15 Agustus 2017, terhadap sekitar 3.000 responden di 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya sekitar 26,8% yang sudah mengetahui jika pemungutan suara pada Pilgub Jateng 2018 bakal dilaksanakan pada 27 Juni mendatang.

“Sisanya masih belum tahu. Rata-rata mereka tahu dari siaran televisi [media elektornik] dan media sosial atau internet,” tutur Yuliyanto.

Kondisi itu pun menjadi tugas bagi penyelenggara politik untuk mengencarkan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya warga Jateng, terkait Pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Advertisement

Selain itu, kondisi itu juga bisa dimanfaatkan para calon yang akan maju dalam Pilgub Jateng 2018 untuk meningkatkan elektabilitasnya dan dikenal masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Yuliyanto juga memaparkan hasil survei lain yang dilakukan timnya. Dari hasil survei itu diketahui jika banyak masyarakat di Jateng yang belum menentukan pilihannya pada salah satu calon pada Pilgub Jateng 2018 nanti atau swing voters.

“Dari survei yang saya lakukan itu terdapat fenomena munculnya keinginan ganti figur gubernur baru sekitar 16,1%, tapi yang masih menginginkan pemimpin yang lama [incumbent] juga masih banyak, yakni sekitar 27,7%. Sedangkan yang masih belum menentukan pilihan atau swing voters sekitar 55,1%,” tutur Yuliyanto.

Advertisement

Yuliyanto menambahkan angka yang ditunjukkan dalam surveinya itu masih berpotensi berubah. Kondisi itu karena Pilgub Jateng 2018 masih akan berlangsung sekitar 10 bulan lagi.

Pilgub dan Pilkada Jateng 2018, tahapannya akan resmi dimulai Selasa (29/8/2017). Acara peluncuran Pilkada dan Pilgub Jateng 2018 ini akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Lawang Sewu, Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif