Soloraya
Jumat, 25 Agustus 2017 - 07:35 WIB

Pemda Se-Indonesia Pamer Inovasi dalam Jamnas Revolusi Mental di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Revolusi Mental. (Kemenkopmk.go.id)

Jamnas Revolusi Mental menjadi ajang pemda pamer inovasi.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah daerah (pemda) se-Indonesia akan pamer inovasi dalam Jambore Nasional (Jamnas) Revolusi Mental di Stadion Manahan Solo selama tiga hari, Jumat-Minggu (25-27/8/2017).

Advertisement

Presiden Joko Widodo direncanakan membuka acara Jamnas Revolusi Mental, Jumat siang. Koordinator Panitia Lokal Jamnas Revolusi Mental sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan terdapat 100 stan yang disiapkan untuk pameran inovasi daerah.

Stan tersebut menempati area parkir Stadion Manahan. Panitia menyediakan stan dengan ukuran masing-masing 3 meter x 3 meter. “Masing-masing daerah memamerkan inovasi, dari pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten/kota,” kata dia ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Kamis (24/8/2017).

Pemkot Solo menunjuk tiga program antara lain daftar harga rata-rata komunitas bahan pokok di pasar tradisional, penyelenggaran kartu intensif anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), serta pengelolaan Taman Cerdas Mojosongo di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) untuk pameran tersebut.

Advertisement

“Presiden akan meninjau pameran inovasi setelah membuka Jamnas Gerakan Revolusi Mental,” katanya.

Menurutnya, Jamnas Revolusi Mental akan menjadi ajang kampanye gerakan revolusi mental di semua lapisan masyarakat. Selain itu juga menjadi komitmen bersama untuk melakukan revolusi mental.

Budi mengatakan pembukaan jamnas akan dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB. Sebanyak 15.000 peserta antara lain gubernur, wali kota/bupati, kepala desa/lurah se-Indonesia akan mengikuti acara yang baru kali pertama dilaksanakan di Indonesia itu.

Advertisement

Atraksi marching band dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta tarian keprajuritan akan membuka jamnas di Stadion Manahan. “Nanti juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017,” katanya.

Presiden dan seluruh peserta Jamnas akan mengikuti tarian kolosal Ge Mu Famire. Masuk dalam rangkaian kegiatan Jamnas juga digelar apresiasi film kebangsaan dan foto pada 26-27 Agustus di Gelanggang Pemuda Bung Karno Stadion Manahan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif