Ilustrasi Bahasa Indonesia (Wikipedia) Ilustrasi Bahasa Indonesia (Wikipedia)
Jumat, 25 Agustus 2017 19:55 WIB JIBI/Harian Jogja/Newswire Kota Jogja Share :

Minat Belajar Bahasa Indonesia, Ini Permintaan Jepang

Bahasa Indonesia menjadi bahasa asing yang diminati masyarakat Jepang

Solopos.com, JOGJA— Akademisi dari Universitas Osaka Jepang Prof Hara Mayuko mendorong para dosen atau akademisi berbagai perguruan tinggi di Indonesia menyempurnakan materi pengajaran materi bahasa Indonesia di negaranya.

“Kami berharap bisa disempurnakan metode pengajarannya karena peminat bahasa Indonesia di Jepang cukup banyak,” kata Mayuko dalam Simposium Simposium Internasional Pengajaran BIPA (SIPBIPA) 2017 seperti dikutip dari Antara, Kamis (24/8/2017).

Menurut Mayuko, selain banyak diminati perguruan tinggi di Jepang, materi bahasa Indonesia juga banyak diminati masyarakat Jepang. Hal itu, kata dia, seiring dengan semakin eratnya hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia di berbagai bidang.

“Permintaan masyarakat Jepang terhadap pengajaran bahasa Indonesia sangat besar,” kata dia dalam simposium bertajuk “Membingkai Mosaik Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing”.

Kendati demikian, menurut dia, saat ini pengajaran bahasa Indonesia di Jepang sedang menghadapi tantangan yakni semakin berkurangnya dosen atau tenaga pengajar bahasa Indonesia di Jepang karena banyak yang sudah memasuki masa pensiun.

“Ini karena jumlah kelahiran anak di Jepang terus menurun sehingga penduduk berusia muda semakin berkurang,” ungkap Mayuko yang pendidikan strata I hingga strata III mengambil penelitian di bidang bahasa dan sastra Bali itu.

Dengan demikian, para dosen bahasa Indonesia yang tersisa di Jepang tidak sempat membuat materi yang betul-betul cocok dengan jenjang perkuliahan di kampus masing-masing karena beban tugas yang diemban semakin besar.

Oleh sebab itu, lanjut Mayuko, agar pengajaran bahasa Indonesia tetap berjalan optimal, para dosen-dosen bahasa di Indonesia diharapkan membuat acuan sebagai patokan dalam bentuk materi pengajaran.

“Materi pengajaran yang kami usulkan di antaranya dikhususkan bagi dosen di Jepang dan materi untuk disimpan di Bank Materi Pengajaran sehingga dosen dapat memilih materi yang diperlukan.” Usaha ini akan bermanfaat karena masing-masing universitas di Jepang tidak perlu merumuskan materi pengajaran bahasa Indonesia dari nol, tuturnya.

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…