Soloraya
Jumat, 25 Agustus 2017 - 11:35 WIB

Masyarakat Boleh Saksikan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental dilaksanakan di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Masyarakat dipersilakan ikut menikmati berbagai sajian kegiatan yang digelar pemerintah dalam pelaksanaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia di Kota Solo selama tiga hari pada Jumat-Minggu (25-27/8/2017).

Advertisement

Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Pilpum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prabawa Eka Soesanta, mengatakan ada banyak kegiatan yang bisa disaksikan masyarakat saat pelaksanaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia di Kota Solo.

Beberapa kegiatan tersebut, antara lain Pameran Gerakan Nasional Revolusi Mental, Pagelaran Budaya dan Pentas Seni, Apresiasi Film Kebangsaan dan Foto, hingga Karnaval Gerakan Nasional Revolusi Mental Indonesia.

Advertisement

Beberapa kegiatan tersebut, antara lain Pameran Gerakan Nasional Revolusi Mental, Pagelaran Budaya dan Pentas Seni, Apresiasi Film Kebangsaan dan Foto, hingga Karnaval Gerakan Nasional Revolusi Mental Indonesia.

Prabawa yang menjadi sekretaris panitia pelaksana Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia tersebut, menjabarkan kegiatan Pemeran Gerakan Nasional Revolusi Mental akan diisi dengan pelaksanaan pameran inovasi pelayanan publik dan pameran hasil lomba-lomba Pra Pekan Kerja Nyata di area promosi kompleks Stadion Manahan mulai Jumat malam hingga Minggu siang.

Sedangkan acara Pagelaran Budaya dan Pentas Seni akan diisi dengan pentas seni tari di halaman Benteng Vastenburg pada Sabtu malam dan Minggu malam, serta pementasan seni musik daerah dan kontemporer di lapangan parkir Stadion Manahan pada Jumat- Minggu.

Advertisement

Prabawa mengatakan masyarakat juga bisa hadir dalam kegiatan Apresiasi Film Kebangsaan dan Foto yang diadakan dalam wujud pemberian apresiasi film kebangsaan, pameran foto revolusi mental, serta dialog film nasional dan media sosial di di Gelanggang Pemuda Bung Karno.

Sebelum ditutup oleh Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo di halaman Benteng Vastenburg, acara Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia bakal terlebih dahulu dimeriahkan dengan pelaksanaan kegiatan Karnaval Gerakan Revolusi Mental di arena CFD Jl. Slamet Riyadi, dari Stadion Sriwedari-Balai Kota Solo pada Minggu pagi.

“Berbagai kegiatan tersebut akan mendampingi pelaksanaan kegiatan inti Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia berupa Rembuk Nasional. Rembuk Nasional ini adalah kegiatan dialog dan lokakarya membahas terkait Program Gerakan Nasional Revolusi Mental, yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu,” terang Prabawa.

Advertisement

Pelaksanaan Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Melayani akan mengambil tempat di The Sunan Hotel Solo, Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Bersih bertempat di Hotel Paragon, Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Bersih bertempat di Megaland, Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Mandiri bertempat di Hotel Best Western Sukoharjo, dan Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Bersatu bertempat di Hotel Alila Solo.

Rembuk Nasional akan diikuti oleh perwakilan pemerintah pusat, pemerintah daerah (34 provinsi dan 514 kabupaten/kota), pemerintah desa di Jateng, dunia usaha (BUMN, BUMD, dan swasta), akademisi, organisasi/kelompok masyarakat, dan juga masyarakat umum.

Kasi Sarpras Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Indrianto, mengatakan masyarakat yang ingin menyaksikan berbagai kegiatan di kompleks Stadion Manahan saat pelaksanaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia hanya dipungut biaya peron Rp500/orang dan parkir Rp1.000 untuk sepeda motor sedangkan Rp2.000 untuk mobil.

Advertisement

Dia menyebut tidak ada retribusi tambahan yang harus dibayar masyarakat ketika ingin menyaksikan pameran dan pentas musik di kompleks Stadion Manahan Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif