Jatim
Jumat, 25 Agustus 2017 - 15:05 WIB

Kemarau, Harga Beras di Bojonegoro Naik Rp200/kg

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harga beras naik Rp200/kg di Bojonegoro.

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Harga berbagai jenis beras di Kabupaten Bojonegoro naik rata-rata Rp200/kilogram baik beras kualitas premium maupun super, kecuali harga beras sejahtarera (rastra) yang masih tetap stabil.

Advertisement

“Berbagai jenis beras naik Rp200/kilogram terjadi sejak sepekan lalu,” kata seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Kharis, Kamis (24/8/2017).

Pemilik UD Barochah Alam di Kecamatan Balen, Bojonegoro, Khafid Al Amin, menuturkan kenaikan harga berbagai jenis beras terutama premium disebabkan panen sudah menipis.

“Panen tanaman padi sudah langka. Saat ini di Bojonegoro hanya tinggal panen tanaman padi daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo di Kecamatan Baureno,” kata Kharis.

Advertisement

Menurut dia, berkurangnya panen tanaman padi mengakibatkan pembelian beras yang dilakukan juga berkurang rata-rata hanya berkisar 3-4 ton per hari, yang biasanya bisa mencapai delapan ton per hari. “Saya hanya melayani pembeli lokal. Paling jauh ke Cepu, Jawa Tengah, ” kata dia.

Ia memperkirakan harga berbagai jenis beras akan cenderung naik, disebabkan di daerahnya juga Tuban, bahkan daerah lainnya tidak ada panen tanaman padi sampai Pebruari.

“Kenaikan harga berbagai macam jenis beras selama tidak ada panen tanaman padi bisa mencapai Rp500/kilogram,” ucapnya.

Advertisement

Data di Pasar Kota, juga Pasar Banjarjo, di Kecamatan Kota, menyebutkan harga beras kualitas premium berkisar Rp8.200/kilogram yang semula Rp8.000/kilogram.

Beras kualitas super naik menjadi berkisar Rp9.700-Rp10.700/kilogram yang semula berkisar Rp9.500-Rp10.500/kilogram dan beras rastra stabil Rp7.000/kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Basuki, menyatakan bersama jajaran Bulog Subdivre III untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga berbagai macam jenis beras selama musim kemarau.

“Kami hari ini mengelar rapat bersama bulog untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga beras yang rencananya akan menggelar operasi pasar,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif