Jogja
Kamis, 24 Agustus 2017 - 21:20 WIB

Hebat! Home Stay Desa Wisata Pentingsari Berstandar Internasional

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi salah satu homestay di Desa Wisata Pentingsari Umbulharjo Cangkringan, Rabu (23/8/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Layanan 55 homestay di Dusun Pentingsari terus ditingkatkan agar berstandar dunia

Harianjogja.com, SLEMAN- Layanan 55 homestay di Dusun Pentingsari terus ditingkatkan agar berstandar dunia. Hingga kini, omzet pertahun desa wiaata tersebut mencapai Rp2 miliar.

Advertisement

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pentingsari Umbulharjo Cangkringan, Doto Yogantoro mengatakan, pihaknya terus melakukan peningkatan kualitas layanan khususnya terkait pengelolaan homestay.

Pengelola homestay mengikuti Workshop Standarisasi Layanan terkait layanan prima, marketing online, leadership, dan team building. “Workshop ini difasilitasi oleh BCA, agar Pentingsari bisa menjadi wisata unggulan,” katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (23/8/2017).

Peningkatan layanan tersebut dilakukan agar pengelolaan homestay mampu memberikan pelayanan dengan standart internasional. Workshop tersebut tidak selesai pada materi saja tetapi dilakukan secara berkesinambungan.

Advertisement

“Selama tiga bulan, nanti ada tim yang menilai tanpa diketahui pengelola. Mereka akan menilai ada tidak peningkatan layanan usai workshop,” ujarnya.

Hasil penilaian tersebut akan diketahui pada Desember mendatang. Penilaian tidak hanya dilakukan pada masalah pelayanan, tetapi juga terkait kebersihan, kerapian sarana dan prasarana serta higenitas makanan yang disajikan.

“Jadi penilaian tidak hanya fisiknya tetapi juga pelayanannya. Bagaimana pengelola menghadapi tamu atau pemesan juga termasuk yang dinilai,” terangnya.

Advertisement

Kepala BCA KCU Jogja Saswito Tjoe mengatakan, workshop tersebut diberikan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bagi desa binaan. Tujuannya untuk memfasilitasi pembinaan dan pemberdayaan komunitas lokal baik bagi pengelola homestay Desa Wisata Pentingsari maupun wirawisata Goa Pindul.

“Kami ingin pembinaan ini menjadi pedoman dalam menghadirkan pelayanan yang unggul kepada wisatawan,” katanya.

Menurutnya, Jogja masih menjadi magnet tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satunya, Desa Wisata Pentingsari dengan keunggulan wisata alam dan budaya  “Kunjungan wisata ke sini juga cukup banyak. Terbukti,  pendapatan atau omzetnya tembus hingga Rp2 miliar per tahunnya,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Desa Wisata Homestay
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif