Soloraya
Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:15 WIB

Dibuka Jokowi, Jamnas Revolusi Mental di Solo bakal Dihadiri 15.000 Peserta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Jamnas Gerakan Revolusi Mental dilaksanakan di Solo.

Solopos.com, SOLO — Jambore Nasional (Jamnas) Revolusi Mental akan digelar di Kota Solo selama tiga hari, Jumat-Minggu (25-27/8/2017). Sebanyak 15.000 peserta dijadwalkan mengikuti kegiatan tersebut.

Advertisement

Jamnas Revolusi Mental di Solo juga bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri kabinet kerja. Ketua Panitia Lokal Jamnas Revolusi Mental, Budi Yulistianto, mengatakan 15.000 peserta terdiri atas gubernur, wali kota/bupati, kepala desa/lurah se-Indonesia.

“Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental dibuka rencananya oleh Presiden pada Jumat pukul 15.00 WIB di Stadion Manahan,” kata dia.

Selama pelaksanaan kegiatan tersebut akan digelar pameran inovasi pelayanan publik dengan tema Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Inovasi Pelayanan Publik di Stadion Manahan. Setidaknya ada 100 stan pameran akan ditempati pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, dunia usaha, serta lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Advertisement

“Kegiatan lain juga akan dilaksanakan dengan acara rembuk nasional rencananya dibagi dalam lima venue. Di antaranya di Hotel Alila, The Sunan Hotel, Megaland Hotel, Solo Paragon Hotel, dan Best Western Premier Hotel di Solo Baru, Sukoharjo,” katanya.

Selanjutnya penutupan Jamnas akan dilaksanakan pada Minggu (27/8/2017) diawali dengan karnaval budaya dari Sriwedari menuju Balai Kota Solo bersamaan dengan Car Free Day pagi hari.

Kegiatan dilanjutkan dengan penutupan pentas seni di Benteng Vastenburg pada Minggu malam. Ihwal kehadiran Presiden Joko Widodo dalam Jamnas, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo ini mengaku masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat.

Advertisement

“Panitia lokal hanya mem-back up Pemerintah Pusat saja dalam kegiatan revolusi mental di Solo. Nah keputusan apakah Presiden akan datang atau tidak masih menunggu,” katanya.

Budi mengatakan acara Jamnas Revolusi Mental merupakan kegiatan yang dilaksanakan tiga kementerian, yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kemenpan dan RB.

Rangkaian kegiatan Jamnas lainnya rembuk nasional, workshop, dan penyerahan penghargaan 40 inovasi terbaik kompetisi pelayanan publik. Kegiatan tersebut akan digelar di sejumlah lokasi, seperti kompleks Balai Kota Solo dan Stadion Manahan. Budi berharap gelaran jamnas revolusi mental mampu mendongkrak wisata kuliner di Solo.

“Setidaknya tamu-tamu undangan ini akan menginap di Solo dan mereka tentu menikmati kuliner serta wisata,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif