Ilustrasi push up (Popupsquatz.com) Ilustrasi push up (Popupsquatz.com)
Selasa, 22 Agustus 2017 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

TIPS HIDUP SEHAT
5 Manfaat Olahraga Ringan di Pagi Hari

Tips hidup sehat tentang lima manfaat olahraga ringan di pagi hari.

Solopos.com, SOLO – Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan setiap hari. Meski hanya 30 menit, Anda wajib melakukan olahraga ringan setiap pagi. Selain menjaga kebugaran tubuh, ada berbagai manfaat yang diperoleh dengan berolahraga.

Nah, apa saja manfaat olahraga ringan selama 30 menit setiap pagi? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Body Building, Senin (21/8/2017) di bawah ini:

Membakar lemak

Olahraga merupakan salah satu cara yang ampuh dilakukan untuk membakar lemak di tubuh. Gerakan ringan seperti squat jump, push up, sit up, maupun back up, mampu membuat tubuh terasa panas hingga mengeluarkan banyak keringat. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ringan ini lama-kelamaan membuat lemak dalam tubuh berkurang.

Meningkatkan stamina

Selain membakar lemak, olahraga juga meningkatkan stamina. Meski hanya gerakan ringan, semua itu bisa meningkatkan stamina dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga membantu menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Mengurangi stres

Bagi yang sedang merasa tertekan cobalah berolahraga. Gerakan fisik ini ternyata mempengaruhi kinerja otak dan meningkatkan hormon bahagia. Jadi, orang yang rutin berolahraga cenderung tidak mudah stres dan selalu bahagia. Selain itu, wajah orang yang rutin berolahraga biasanya terlihat lebih segar dan semringah.

Meningkatkan daya ingat

Daya ingat dan olahraga ternyata saling berkaitan. Semakin sering berolahraga ternyata meningkatkan sel otak di bagian hippocamopus yang berfungsi sebagai pengendali daya ingat. Hal inilah yang membuat ingatan Anda makin tajam.

Mengurangi risiko diabetes

Olahraga ternyata ampuh mengurangi risiko diabetes. Dengan berolahraga, tekanan darah menjadi normal dan berat badan menurun. Tak perlu repot diet, asupan kalori dalam makanan yang dikonsumsi diubah menjadi energi yang berperan penting menjaga kestabilan gula darah. Sejumlah peneliti mengungkapkan olahraga membantu mengatur keseimbangan glukosa dalam tubuh. Untuk mendapat hasil maksimal, sebaiknya Anda mengimbangi olahraga dengan membatasi asupan kalori tubuh.

 

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…