News
Selasa, 22 Agustus 2017 - 19:00 WIB

Pemilik First Travel Punya Restoran di Inggris Senilai Rp11,98 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menunggu mengurus refund terkait permasalahan umrah promo di Kantor First Travel, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Sigid Kurniawan)

Pemilik First Travel memiliki restoran di Inggris senilai 700.000 pounsterling atau sekitar Rp11,98 miliar.

Solopos.com, JAKARTA — Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Hery Rudolf Nahak, mengatakan berdasarkan penyidikan polisi kepada pemilik First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, terungkap mereka memiliki sebuah restoran di Inggris.

Advertisement

“Mereka punya restoran di Inggris dan informasinya masih beroperasi,” ujarnya di Kantor Bareskrim, Jl. Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017), dikutip Solopos.com dari Okezone.

Dia melanjutkan mereka itu membeli restoran dari pengumpulan uang dari para jamaah umrah yang telah ditipu. Menurtnya, restoran itu dibeli dengan harga 700.000 poundsterling atau Rp11,98 miliar. “Restoran di Inggris 700.000 poundsterling,” imbuhnya.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya belum menyita aset tersebut karena masih mendalami kasus penipuan yang sedang berlangsung di Tanah Air. “Belum kami sita. Nanti yah kita tangani penipuannya dulu karena berurusan dengan jamaah yang banyak,” tutupnya. Baca juga: Rayu Calon Jemaah, First Travel Umrahkan Artis Kondang.

Advertisement

Sejauh ini, polisi telah menetapkan Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel), Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan, sebagai tersangka. Terakhir, polisi juga telah menetapkan adik dari pemilik First Travel, Kiki Hasibuan alias Siti Nuraidah.

Andika Surachman merupakan otak pelaku dalam kasus penipuan dan pengelapan tersebut. Sementara itu, istri dari AS yakni Annisa Desvitasari Hasibuan diketahui turut serta dalam kasus tersebut. Adapun peran Annisa ialah menerima atau menguasai penempatan, transfer, pembayaran, penitipan harta kekayaan.

Adik kandung dari Annisa Desvitasari Hasibuan, Siti Nuraida Hasibuan alias Kiki memiliki peran yang sama dengan kakaknya dalam kasus ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif