Jogja
Senin, 21 Agustus 2017 - 06:20 WIB

Tol Jogja Boleh Melintas di Atas Selokan Mataram, tapi...

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Selokan Mataram. (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) DIY tidak mempermasalahkan pembangunan tol di sepanjang Selokan Mataram

Harianjogja.com, SLEMAN– Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) DIY tidak mempermasalahkan pembangunan tol di sepanjang Selokan Mataram. Hanya saja, jangan sampai merusak bangunan bersejarah itu.

Advertisement

Kepala BBWSSO DIY Tri Bayu Adji mengatakan, usulan Gubernur DIY Sri Sultan HB X agar proyek pembangunan tol dilakukan di sepanjang selokan mataram tidak ada persoalan. Asalkan, lanjut Tri, proyek tersebut tidak mengganggu saluran irigasi sepanjang selokan tersebut. “Saya kira tidak ada masalah sepanjang rencana jalan tol tidak mengganggu saluran mataram,” jelasnya kepada Harianjogja.com, Minggu (20/8/2017).

Tri meyakini, pembangunan tol di sepanjang selokan mataram tidak akan merusak saluran irigasi bangunan bersejarah tersebut. Justru dengan model pembangunan tol secara elevated atau melayang, akan memperkokoh sepadan selokan. Konsep pembangunan tol tersebut tak ubahnya dengan yang diterapkan pemerintah di sepanjang Kalimalang, Bekasi.

“Kalau jalan tol dibangun dengan sistim elevated atau melayang bagus. Jelas selokan akan diperkuat dan tetap akan mengalirkan debit sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,” katanya.

Advertisement

Hanya saja, untuk masalah status tanah sepanjang saluran irigasi tersebut merupakan wewenang dari pemerintah pusat. Berbeda dengan tanah-tanah yang berada di kanan dan kiri sepanjang saluran tersebut, Tri menduga tanah-tanah tersebut masih berstatus sultan ground. “Kalau status selokan Mataram kewenangan ada di Pusat. Kalau tanah di sebelah saluran mungkin adalah SG,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Sleman Hasto Karyantoro mengingatkan agar rencana pembangunan tol di sepanjang selokan mataram tersebut jangan sampai merusak bangunan bersejarah itu. Sebabnya, kata Hasto, keberadaan selokan mataram sejak awal didesain untuk memakmurkan masyarakat DIY.

“Sejak dulu selokan itu dimanfaatkan untuk saluran irigasi atau pertanian warga. Jadi kalau benar proyek itu dibangun disepanjang selokan, jangan sampai pertanian di DIY terganggu,” harapnya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Selokan Mataram Tol Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif