News
Minggu, 20 Agustus 2017 - 11:59 WIB

SEA GAMES 2017 : Koran Malaysia Juga Pasang Bendera Indonesia Terbalik, Sengaja?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Info grafis koran Malaysia, Metro Ahad, yang juga menampilkan bendera Indonesia secara terbalik. (Twitter/@MohammadTYulian)

Selain di buku SEA Games 2017, sebuah koran Malaysia juga memasang bendera Indonesia terbalik. Netizen pun menduga ada kesengajaan.

Solopos.com, SOLO — Insiden memalukan pemasangan bendera Indonesia merah putih terbalik dalam buku SEA Games 2017 Malaysia membuat netizen marah. Meski pemerintah Malaysia dan panitia penyelenggara meminta maaf, netizen menduga kesalahan itu dilakukan secara sengaja.

Advertisement

Hal itu dipicu munculnya pemberitaan sebuah media cetak Malaysia, Metro Ahad, yang terbit pada Sabtu (19/8/2017). Dalam berita berjudul Mencari Jagoan itu, koran terdapat sebuah info grafis yang menggambarkan negara-negara peserta SEA Games 2017.

Di situlah terdapat bendera Indonesia yang terbalik menjadi putih merah seperti dalam buku pengantar yang kontroversial itu. Bahkan, info grafis ini juga konsisten memasang bendera Indonesia yang terbalik itu dua kali dalam daftar tuan rumah SEA Games. Sehingga, total ada tiga gambar merah putih terbalik di berita itu.

Gambar inilah yang membuat netizen berspekulasi bahwa kesalahan pemasangan bendera merah putih tersebut memang disengaja. Sebagian mereka menduga hal ini dilakukan sebagai bagian dari provokasi.

Advertisement

“Pak @imam_nahrawi ini koran yg terbit di malaysia pak, mereka memang sengaja memancing keributan sama kita #ShameOnYouMalaysia,” kicau @MohammadTYulian, Minggu (20/8/2017), memasang foto berita koran tersebut.

Gambar serupa juga dibagikan oleh netizen lainnya yang melontarkan dugaan serupa. Baca juga: Malaysia Berdalih Pemasangan Bendera Indonesia Terbalik Tak Disengaja.

Sementara itu, belum ada penjelasan dari redaksi Metro Ahad, termasuk dalam situs online mereka. Pantauan Solopos.com hingga Minggu pukul 11.30 WIB, belum ada penjelasan atau klarifikasi apapun dari redaksi media itu.

Namun, dalam salah satu headline, hmetro.com memuat berita berjudul ‘Saya amat kesal dengan kesilapan ini’. Berita itu berisi permohonan maaf Malaysia atas kesalahan pemasangan bendera Indonesia yang terbalik di buku SEA Games 2017.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif