Jateng
Minggu, 20 Agustus 2017 - 07:50 WIB

POPNAS 2017 : Si Podang Lambangkan Kekompakan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Urip Sihabudin menyerahkan boneka maskot Popnas XIV/2017 Si Podang kepada Asisten Deputi Menpora Washinton Galingging, Rabu (16/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 di Jateng memilih Si Podang yang melambangkan kekompakan sebagai maskot.


Ketua Panpel cabor Panahan Popnas XIV/2017 Wahono berfoto bersama Si Podang di Kantor Disporapar Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Popnas Jateng)

Advertisement

Semarangpos.com, SEMARANG — Si Podang terpilih sebagai maskot Popnas XIV 2017 di Jaw Tengah (Jateng). Dipilihnya Si Podang yang mengambil nama burung khas Jateng, kepodang, selain mencerminkan identitas Jawa Tengah juga melambangkan kekompakan, keselarasan dan keindahan buki pekerti.

”Diharapkan para atlet yang berlaga di Popnas mewarisi rasa kekompakan, serta keindahan budi pekerti luhur demi menjunjung nama baik bangsa Indonesia,” kata Kadisporapar Jateng Urip Sihabudin sebagaimana dikutip siaran pers Humas Popnas Jateng yang diterima Semarangpos.com, Jumat (18/9/2017).

Sedangkan maskot Popnas berbentuk nyala api, hulu keris dan lingkaran. Baik maskot dan logo merupakan hasil karya pemenang lomba logo dan maskot Popnas yang digelar tahun 2016 lalu.

Advertisement

Filosofi elemen api pada logo Popnas 2017 melambangkan semangat yang menggebu-gebu dari peserta Popnas. Sedangkan bentuk sederhana hulu keris yang merupakan senjata tradisional Jawa, mengandung makna identitas dari kebudayaan Jateng, dan menginterpretasikan bahwa Popnas berlangsung di Jateng. Sedangkan makna dua lingkaran dimaknai sebagai mengedepankan nilai-nilai persatuan dan sportivitas di arena untuk memperebutkan gelar juara.

Urip menambahkan, visi Popnas adalah Spirit of Achievement,sedangkan misi yang diusung sukses penyelenggaraan, prestasi, perekonomian rakyat, promosi pariwisata dan administrasi. ”Selain menyasar prestasi olahraga Jateng, kami akan memberdayakan perekonomian dan promosi pariwisata. Selama Popnas ada pameran dari UMKM dan kesenian,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif