Jateng
Minggu, 20 Agustus 2017 - 06:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : Undip Urutan Ke-6 Klasterisasi PT

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus Undip di kawasan Tembalang, Kota Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro, menempati urutan keenam dalam klasterisasi perguruan tinggi (PT) oleh Kemenristekdikti.

Semarangpos.com, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang meraih prestasi yang cukup membanggakan. Kampus yang terpusat di kawasan Tembalang, Semarang, itu baru saja ditempatkan pada posisi keenam dalam klasterisasi atau pengelompokan perguruan tinggi (PT) non politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Advertisement

Pengumuman klasterisasi PT ini diumumkan langsung oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir, seusai perayaan HUT ke-72 RI di lapangan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang, Kamis (17/8/2017).

Menanggapi hal ini, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengaku bangga. Ia menilai prestasi yang diraih Undip itu merupakan hasil kerja keras seluruh civitas academica Undip untuk menjadi kampus kelas dunia.

“Selain itu [peringkat keenam klasterisasi PT], kinerja penelitan Undip juga menempati ranking ke-3 se-Indonesia. Ini menunjukkan Undip tetap berjalan sebagai universitas riset. Pencapaian ini bukan tujuan akhir. Undip terus berupaya melakukan perbaikan, seperti peningkatan akreditasi institusi, akreditasi prodi, menambah jumlah mahasiswa dan dosen internasional serta akreditasi internasional,” tutur Yos dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat (18/8/2017).

Advertisement

Yos menambahkan saat ini Undip telah memiliki tujuh program studi (prodi) yang terakreditasi internasional. Kedepan, Undip menargetkan 20 prodi bisa terakreditasi internasional.

“Undip telah melaksanakan enam kelas internasional untuk jenjang S! Dan menyelenggarakan beberapa program yang diikuti mahasiswa nasional. Kerja sama dengan kampus-kampus di luar negeri akan terus kami gencarkan agar Undip semakin dikenal di dunia internasional,” beber Rektor Undip itu.

Klasterisasi PT yang digelar Kemenristekdikti bertujuan membangun landasan klasifikasi dan pemeringkatan agar kampus-kampus di Tanah Air terus melakukan perbaikan dan meningkatkan mutu pendidikannya.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif