Sport
Minggu, 20 Agustus 2017 - 19:30 WIB

Beri Kartu Kuning Evan Dimas, “Wasit Malaysia” Dikecam Warganet

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia U-22, Evan Dimas, Marinus Mariyanto Wanewar, dan Osvaldo Haay melakukan selebrasi gol ke gawang Timor Leste dalam penyisihan grup B SEA Games XXIX Kuala Lumpur, Minggu (20/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Sigid Kurniawan)

Wasit asal Malaysia, Nagor Amir Noor Mohamed memberi kartu kuning untuk Evan Dimas.

Solopos.com, SELANGOR — Pertandingan ketiga tim nasional Indonesa U-22 melawan Timor Leste telah selesai dengan kemenangan. Meski menang, kepemimpinan wasit asal Malaysia yang kontroversial dinilai merugikan Indonesia, khususnya memberi kartu kuning kepada Evan Dimas.

Advertisement

Seolah-olah tak terima, warganet Indonesia menggaungkan kecaman untuk wasit Malaysia. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (20/8/2017) pukul 17.45 WIB, daftar trending topic Twitter Indonesia dikuasai tagar dan frasa tentang pertandingan Indonesia vs Timor Leste. Salah satu frasa yang trending adalah “Wasit Malaysia”.

Dalam pertandingan melawan Timor Leste, wasit yang memimpin pertandingan berasal dari Malaysia, yaitu Nagor Amir Noor Mohamed. Dalam pertandingan itu, kepemimpinan wasit itu dinilai kontroversial.

Contohnya, bek tengah Timor Leste, Filipe Oliveira, beberapa kali melakukan tendangan yang berbahaya dengan kakinya terangkat hingga setinggi kepala lawan. Namun wasit tidak memberikan peringatan apapun. Beberapa kali gerakan itu dilakukan namun nihil peringatan.

Advertisement

Di menit-menit akhir, salah satu pemain Timor Leste melanggar Evan Dimas dengan tendangan khas kung fu seperti yang kerap dilakukan Filipe. Meski sudah menganggap gerakan itu pelanggaran, Evan Dimas yang dilanggar juga diberi kartu kuning.

Keputusan itu membuat warganet mengecam wasit asal Malaysia tersebut. “Yang dilanggar Evan Dimas, yang ditendang Evan Dimas, yang dikartu kuning juga Evan Dimas. Wasit Malaysia mah bebas,” cuit @DidinParasitism. “Timor Leste + wasit Malaysia vs Indonesia, #Timnasday,” cuit @RestuFebriant05.

Pemain timnas senior Irfan Bachdim pun turut mengungkapkan kekecewaannya terhadap wasit asal Malaysia tersebut. “Referee serious? How the hel can you giv Evan a yellow card [Wasit serius? Bagaimana bisa Anda beri kartu kuning ke Evan Dimas?],” cuit Bachdim di akun resminya @IrfanBachdim10.

Advertisement

Meski geram, lini masa Twitter tidak hanya dipenuhi dengan kecaman untuk wasit Malaysia. Daftar trending topic diisi dengan tagar #Timnasday, Satria Tama, Marinus, Septian David, dan Timor Leste 0-1 Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif