Jogja
Minggu, 20 Agustus 2017 - 04:22 WIB

Ajak Generasi Muda Jadi Investor UMKM Lewat Film

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Narasumber dari PT Amartha Mikro Fintek saat memaparkan tentang Festival Film Pendek #UntungnyaTerhubung dalam Kumpul Media di Bilik Kayu Resto, Jumat (18/8/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

UMKM Jogja perlu mendapat dukungan dari banyak pihak

Harianjogja.com, JOGJA — PT Amartha Mikro Fintek menjaring generasi milenial untuk peduli usaha mikro dan kecil yang ada disekitar mereka. Melalui Festival Film Pendek yang mengusung tema #UntungnyaTerhubung, generasi milenial yakni anak muda diharapkan dapat berpartisipasi mengembangkan UMKM di daerahnya.

Advertisement

Project Lead Festival Film Pendek Amartha, Lidya Maria Kusnadi mengatakan rangkaian kegiatan dari festival ini telah dimulai sejak 8 Agustus lalu dan akan berlangsung hingga Oktober mendatang. Acara tersebut, kata Lidya, sejalan dengan visi Amartha yang hadir sebagai penghubung bagi pendana di perkotaan dan pengusaha kecil di desa.

“Sebenarnya, kami ingin mengajak partisipasi anak muda untuk bisa membantu memajukan pengusaha kecil, terutama kaum perempuan di desa. Karena bagi kami, generasi milenial ini adalah penghubung bagi pelaku usaha kecil dengan investor,” ujar Lidya dalam Kumpul Media di Bilik Kayu Resto, Jumat (18/8/2017).

Amartha sendiri, kata Lidya, merupakan penyedia layanan finansial teknologi Peer to Peer (P2P) Lending untuk usaha mikro yang telah resmi terdaftar di OJK. Kegiatan usaha yang dilakukan fintek ini adalah berupaya memberikan layanan pendanaan bagi pengusaha mikro di pelosok desa, yakni dengan menjadi penghubung pendana urban dengan UMKM tersebut.

Advertisement

Gelaran Festival Film Pendek ini memperebutkan hadiah dengan total Rp350 juta. Terdapat dua kategori yakni film pendek dokumenter dengan tema Pemberdayaan Usaha Kecil dan kategori fiksi dengan tema Meminjam Uang secara Online.

“Ada puluhan juta usaha mikro dan kecil yang masih terbatas dalam mendapatkan modal usaha dan saat ini persoalan tersebut dapat dijembatani melalui online. Kalangan milenial yang berusia di bawah 30 tahun adalah pemodal potensial bagi mereka [pengusaha kecil],” ungkap Lidya.

Melalui tema #UntungnyaTerhubung, Amartha, kata Lidya ingin memfasilitasi kalangan muda untuk belajar mengembangkan pendapatan yang masih terbatas melalui investasi berisiko rendah. Festival ini juga turut menggandeng para sineas Indonesia. Di antaranya Nia Dinata, Garin Nugroho, dan Lucky Kuswandi serta pelaku seni peran dari kalangan milenial yakni Chelsea Islan.

Advertisement

“Melalui film pendek #UntungnyaTerhubung ini, diharapkan akan lahir karya-karya baru yang lebih segar dan original. Selain itu, karya tersebut berpotensi meningkatkan kepedulian kalangan milenials untuk dapat berbagi dengan sesama melalui investasi yang bermakna,” ungkap Ketua Paguyuban Filmaker Jogja, Bambang Ipoenk.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif