Lifestyle
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 12:15 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Begini Cara Enyahkan Malas dari Kehidupan Anda

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Malas---Ilustrasi (topnews.in)

Tips hidup sehat ini tentang cara mengusir malas.

Solopos.com, JAKARTA — Rasa malas akut kadangkala muncul saat ada sederet daftar tugas atau pekerjaan yang harus segera kita selesaikan. Jika dituruti, rasa malas membuat banyak waktu kita terbuang percuma dan pekerjaan terbengkalai.

Advertisement

Kemalasan juga membuat kita kehilangan ide dan menjadi kurang cekatan dalam bekerja. Istirahat yang kita lakukan di sela-sela kesibukan bahkan tak cukup menghilangkan penat jika rasa malas itu masih menghinggapi. Lalu, bagaimana cara mengenyahkan rasa malas?

1. Tarik napas dan lakukan peregangan

Advertisement

1. Tarik napas dan lakukan peregangan

Jika tak ada sedikit pun motivasi untuk mendapatkan apa pun yang dilakukan, cobalah lakukan meditasi atau olahraga ringan.

“10 Menit berjalan kaki, peregangan, atau terlibat dalam meditasi selama istirahat kerja dapat membantu meningkatkan mood dan memberi Anda awal dan energi yang dibutuhkan untuk tetap baik termotivasi dan produktif,” ujar Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, dari NYU Langone Medical Center seperti dilansir laman Medical Daily, baru-baru ini.

Advertisement

Membuat daftar kegiatan atau hal yang ingin Anda lakukan bisa membantu hidup Anda. Psikolog klinis, Dr. Carla Marie Manly, menyarankan untuk mengurutkan menyusun daftar dari sesuatu yang penting.

Ingatlah untuk membuat daftar itu seringkas mungkin dan tak sulit dilakukan. Marie juga menyarankan menambahkan hal yang menyenangkan di antara kegiatan atau hal yang mungkin kurang begitu Anda sukai.

“Setelah Anda menyelesaikan tugas Anda, hadiahi diri Anda sendiri dengan istirahat, secangkir teh, makanan ringan atau hal lainnya,” kata Marie.

Advertisement

3. Undang teman makan

Mengadakan semacam kegiatan makan malam bersama misalnya bisa menjadi motivasi untuk membersihkan rumah yang berantakan dan mengisi kembali kulkas Anda yang kosong.

4. Nilai karier Anda secara rutin

Advertisement

Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus terkungkung di tempat kerja atau menghilang dalam jangka waktu yang lama, mungkin ini menjadi tanda Anda sedang bosan.

Untuk mengalahkan kebosanan, cobalah nilai karier Anda untuk melihat bagaimana minat Anda, tujuan, dan nilai-nilai yang selaras dengan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.

“Jika Anda menyukai pekerjaan Anda, maka Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu melakukan hal itu,” ungkap Roy Cohen,  motivator karier dan penulis The Wall Street Professional Survival Guide.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif