Soloraya
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 08:00 WIB

KISAH INSPIRATIF : Super Keren! Mi Ayam Klaten Ini Sediakan 100 Porsi Gratis Setiap Hari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dian Safi Artha, menyiapkan mi ayam gratis bagi warga di Klaten, Jumat (18/8/2017). (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Kisah inspiratif layak diberi apresiasi bagi warung mi ayam di Klaten ini.

Solopos.com, KLATEN —  Warung makan mi ayam Shodaqoh di Klaten menyediakan 100 porsi mi ayam gratis setiap Senin-Sabtu.

Advertisement

“Bu, makasih ya bu,” ucap seorang pria seraya pamitan seusai menikmati mi ayam dari salah satu  gerai yang berada di sisi utara Stadion Trikoyo atau berdekatan dengan Taman Gayamprit, Jumat (18/8/2017).

Pamitan dibalas pemilik gerai agar pria itu mengajak teman-temannya ketika datang keesokan harinya. “Mang ngejak rencang-rencange pak nak mriki meleh [silakan ajak teman-temannya pak kalau ke sini lagi],” tutur pemilik gerai, Dian Safi Artha, sembari melemparkan senyum.

Advertisement

Pamitan dibalas pemilik gerai agar pria itu mengajak teman-temannya ketika datang keesokan harinya. “Mang ngejak rencang-rencange pak nak mriki meleh [silakan ajak teman-temannya pak kalau ke sini lagi],” tutur pemilik gerai, Dian Safi Artha, sembari melemparkan senyum.

Pria itu merupakan satu dari puluhan warga yang berkerumun di gerai milik wanita kelahiran 4 Februari 1984 tersebut pada Jumat. Warga yang menikmati mi ayam dan minuman tidak dipungut biaya alias makan gratis.

Gerai mi ayam berdampingan dengan salah satu usaha rumah makan Star Steak di Jl. Merbabu, Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan yang dikelola Dian bersama suaminya, Heru Tri Pamungkas.

Advertisement

Gerai bernama Mi Ayam Shodaqoh itu buka sejak dua pekan lalu. Saban hari, 100 porsi mi ayam disediakan gratis dengan jam buka pukul 10.00-13.00 WIB. Pada Minggu, warung tersebut tutup.

Untuk menyiapkan 100 porsi, satu karyawan yang khusus menyediakan mi ayam gratis membutuhkan 7,5 kg mi serta 5 kg daging ayam. Warga yang datang cukup mengambil nomor antrean untuk mendapatkan semangkuk mi ayam.

Sejak kali pertama membuka gerai itu, Dian tak memungut biaya bagi siapapun yang datang lantaran untuk bersedekah. Sebelum memberikan mi ayam gratis, Dian sudah gemar bersedekah berbagi nasi bungkus hampir saban hari.

Advertisement

“Kenapa memilih sedekah makanan karena setiap hari ada orang yang butuh makan,” kata Dian saat ditemui di gerai mi ayam itu.

Ia tak menyangka banyak warga yang saban hari berdatangan menikmati mi ayam gratis. Tak hanya warga sekitar gerai serta rumah makan, warga datang dari berbagai daerah serta umur.

Sebanyak 100 porsi mi ayam ludes dinikmati warga saban harinya. Seperti pada Jumat, sebanyak 100 porsi mi ayam habis dalam waktu kurang dari 1,5 jam.

Advertisement

Dian mengatakan berbagi mi ayam gratis murni untuk bersedekah bukan bagian dari promosi rumah makan. Ia tak memiliki rencana untuk menjual mi ayam tersebut. Bagi Dian, bersedekah tak membuat rugi. Ia berharap bisa selamanya menyediakan makanan gratis tak hanya di Klaten melainkan ke daerah lain.

“Rasanya senang kalau melihat masyarakat senang. Banyak yang mendoakan dan ucapkan terima kasih. Semoga masih diberi rezeki agar bisa berbagai dengan yang lain,” kata ibu dua anak itu.

Selama belasan tahun, Dian bersama suaminya mengelola rumah makan Star Steak. Kini, rumah makan itu memiliki 13 cabang di wilayah Semarang, Salatiga, Jogja, Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sragen, Solo, dan Sukoharjo.

Rifai Nur Cahyo Prasetya menjadi salah satu anak-anak yang hampir saban hari datang ke gerai mi ayam itu. Pelajar kelas 3 SDN 2 Gayamprit itu mengaku tak bosan setiap hari menikmati mi ayam gratis. “Kadang datang bersama bapak, terkadang sendiri saat pulang sekolah,” kata dia.

Warga lainnya, Baharudin, datang ke gerai itu untuk kali pertama bersama sekitar 19 teman kerjanya sebagai pengemudi ojek online. “Datang ke sini khusus untuk menikmati mi ayam gratis. Memang benar-benar 100 persen gratis. Mudah-mudahan sedekah yang diberikan menjadi amal kebaikan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif