News
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 07:00 WIB

KISAH INSPIRATIF : Meski Tak Bernyawa, Dokter Ini Mampu Selamatkan Dua Pasien

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penghormatan terakhir untuk Chen (Chinanwes.com)

Dokter Chen asal Jiangsu, Tiongkok masih mampu menolong pasien meski sudah meninggal dunia.

Solopos.com, JIANGSU – Menjadi dokter adalah tentang menjadi penyelamat dan penyembuh untuk orang lain. Filosofi itu dipegang teguh oleh dokter bernama Chen asal Jiangsu, Tiongkok. Di akhir usianya, Chen memberi wasiat agar organ tubuhnya yang didonorkan bagi pasien yang membutuhkan.

Advertisement

Dikutip dari Viral4Real, Jumat (18/8/2017), Chen merupakan dokter spesialis ortopedi yang sudah menjadi dokter lebih dari 30 tahun. Dengan kemampuannya, Chen dikabarkan sudah melakukan ribuan operasi tulang.

Tahun lalu, tepatnya bulan Juli 2016, diusia ke-52, Chen divonis menderita kanker pankreas. Meski sudah tak lagi sebugar dulu, Chen masih terus aktif menjaddi dokter hingga satu tahun setelah divonis kanker.

Kanker yang semakin parah membuat Chen terpaksa beristihat di rumah. Merasa waktunya tak lama lagi, Chen membuat permohonan kepada ibunya agar disetujui. “Ibu, sejak pertama kali diterima kuliah kedokteran. Saya selau ingin berkontribusi di dunia medis. Ini permohonan terakhirku, saya harap kamu setuju. Saya ingin mendonorkan organ tubuh ketika mati. Tolong jangan biarkan saya meninggal dengan penyesalan,” ucap Chen memohon pada ibunya.

Advertisement

Setelah disetujui ibunya, Chen menandatangani persetujuan donor organ pada 27 Juli 2017. Delapan hari setelahnya, Jumat (4/8/2017), Chen merasa tak kuat lagi mempertahankan kesadaran. Chen meminta tim dokter untuk segera memanen organ Chen.

Sebenarnya Chen ingin semua organnya didonorkan, namun kareka kanker yang diderita Chen sudah stadium akhir, hanya kornea mata Chen yang bisa didonorkan. Tak lama setelah korneanya diambil, Chen dinyatakan meningggal dunia.

Kornea milik Chen dikabarkanberhasil menyelamatkan dua pria berusia 40 tahun dan 50 tahun. Tak hanya mendonorkan organ tubuh. Koleksi buku kedokteranmilik Chen juga didonasikan gratis untuk rumah sakit tempat Chen menjadi dokter.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif